Makalah tentang Tanaman yang dicangkok dan Beberapa Tips

Bagaimana Makalah tentang Tanaman yang dicangkok dan beberapa Tips ?

Makalah tentang Tanaman yang dicangkok dan Beberapa Tips

Makalah tentang tanaman yang di cangkok biasanya berisi cara dan jenis tanaman yang cocok untuk dicangkok. Mencangkok merupakan cara perbanyakan tanaman yang cukup mudah. Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari cara mencangkok. Dengan mencangkok tanaman, kita bisa memperoleh tanaman baru dengan waktu yang cukup cepat dengan sifat yang sama dengan induknya.

Cara Melakukan Cangkok

Makalah tentang tanaman yang dicangkok akan berisi cara mencangkok tanaman. Mencangkok merupakan cara untuk membentuk akar baru dari tanaman di batangnya tanpa memotong batang tersebut sampai tumbuh.

Ada dua cara mencangkok yang populer di Indonesia, yaitu cangkok belah dan cangkok kerat. Cangkok belah dilakukan pada tanaman yang kulitnya susah dilepaskan. Sedangkan cangkok kerat biasa diperuntukkan bagi tanaman yang kulitnya relatif mudah dilepas.

Waktu melakukan cangkok biasanya dilakukan pada musim hujan. Jika memang terpaksa dilakukan pada musim kemarau sebaiknya cangkokan disiram terlebih dulu. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kekeringan.

Setelah itu, kita bisa melakukan persiapan cara mencangkok. Pertama, tentu adalah memilih jenis tanaman yang akan dicangkok. Karena tanaman cangkok akan sama dengan induknya, pilih tanaman dengan kualitas unggul, seperti ukuran buah, rasa, ukuran batang, dan juga perawatan.

Setelah itu, pilih batang yang masih sehat, tidak terlalu tua, dan tidak terlalu muda.

Langkah selanjutnya adalah membuat dua buah keratan melingkar pada bagian pangkal cabang. Jarak antara satu keratan dengan lainnya sekitar dua sampai lima centimeter, tergantung besarnya cabang tanaman.

Langkah selanjutnya adalah melepaskan kulit yang ada di antara dua keratan tadi. Buang lapisan kambium yang ada di kayu dengan cara mengeriknya hingga lendir tersebut hilang. Langkah selanjutnya adalah menutupi bagian cabang yang telah dikelupas itu dengan sabut kelapa, pupuk kandang atau kompos. Bungkus media ini dengan sabut kelapa, ijuk, atau plastik yang telah dilubangi. Basahi cangkokan ini setiap hari dengan air supaya tetap lembab. Biarkan selama beberapa lama sampai tumbuh akar di bagian yang telah dikerat.

Setelah sudah mulai muncul akar, kita bisa memotong cabang di sebelah bawah keratan dan akar yang telah tumbuh. Potongan inilah yang ditanam menjadi tanaman baru. Itulah makalah tentang tanaman yang di cangkok, terutama cara pencangkokannya. Beberapa tanaman buah yang biasa dicangkok adalah mangga, sawo manila, langsep, jeruk nipis, atau duku.

Agar makalah tentang tanaman yang dicangkok ditampilkan secara sempurna, kita harus mengetahui dengan jelas tentang sistem mencangkok.

Loading...
Selanjutnya : Membuat Makalah tentang Perintah Shalat pada Anak
Sebelumnya: Makalah Ternak Sapi Perah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar