Tanda dan Gejala Penyakit Hepatitis

Tanda dan gejala penyakit hepatitis ini dapat dilihat dari virus yang menginfeksi penderita. penyakit hapatitis ini mempunyai virus yang beragam yaitu hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D dan hepatitis E. semua penyakit hepatitis ini mengarah ke sirosis hati atau kanker hati. tanda dan gejala yg ditimbulkan dari penyakit hepatitis tersebut juga berbeda-beda. hepatitis A disebut juga dengan hepatitis infeksius, virus ini adalah birus yg paling ringan gejalanya karena tidak menimbulkan kerusakan hati jangka panjang dan jarang menyebabkan kematian.

Lain halnya dgn hepatitis B, yang merupakan penyakit liver yang berbahaya dan dapat berakibat fatal, tanda dan gejala yg khas pada penderita ini adalah nyeri dan gatal pada persendian, mual, tidak nafsu makan, nyeri perut dan jaundis (tampkak kekuningan pada bagian kulit dan mata).

Hepatitis C menular terutama melalui darah, virus hapatitis c ini sama bahayanya dengan virus hepatitis b dengan tanda dan gejala yang sama. Sama halnya dengan hepatitis d, penyakit ini biasanya datang bersamaan dengan penyakit hepatitis b. Bagaimana denfan hepatitis E. Virus hepatitis e inu ditularkan dari kotoran manusia ke mulut melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi.

Secara umum penyakit hepatitis ini dibagi 2 kategori tanda dan gejala, yaitu akut dan kronis. Penyakit hepatitus yang akut biasanya penyakit yang ditimbulkan dengan cepat, tajam dan menyakitkan. Penyakut hepatitis yang krobis biasanya gejala-gejala yang ditimbulkan tidak terlalu parah namun terus dirasakan penderita selama berbulan-bulan bahkan hinga berrahun-tahun.

Gejala Hepatitis Akut

Hepatitis akut memiliki tanda dan gejala yang asimptomatik atau nonspesifik seperti flu dan juandis, namun namun beberapa penderita juga tidak menunjukan gejala yang demikian. tapi sudah dipastikan pada penderita hepatitis akyt aminotransferase meningjat nyata. mayoritas penderita mengeluhkan perasaan tidak enak badan, kelelahan, hilang nafsu makan, mual, diare, sakit kepala, sakit perut bagian atas dan urin berwarna gelap.

Gejala Hepatitis Kronis

Hepatitis kronis memiliki tanda dan gejala yang sama namun dapat terkena radang selama 6 bulan atau lebih. Hepatitis kronis ini menetap pada tubuh penderita yang dapat menulari orang lain dan dapat aktif lagi sewaktu-waktu. Hepatitis ini dapat mengarah ke sirosis hati bahkan bisa ke kanker hati jika si penderita tidak mendapatkan pengobatan secara tepat.

Dengan mengetahui tanda dan gejala penyakit hepatitis kita dapat mencegahnya sejak dini dan dengan gaya hiodup yang sehat, karena sehat itu mahal harganya.

Loading...
Selanjutnya : Tanda Kehamilan Hari Pertama
Sebelumnya: Travel Untuk Ke Bromo
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar