Tanda Hamil di usia 40 tahun


Seorang wanita merasa lengkap sebagai wanita ketika melahirkan buah hatinya. Anak tak sekedar sebagai penerus keturunan namun mewarnai kehidupan kita. Meski melahirkan adalah sebuah proses pertaruhan nyawa hampir tak ada wanita sehat yang keberatan jika harus hamil dan menunggu persalinan.

Kecuali ketika sudah berusia empat puluhan dan telah memiliki putra-putri yang mulai beranjak dewasa. Hamil di usia empat puluh? Bukan hal yang tak mungkin terjadi selama seorang wanita masih mengalami menstruasi tandanya proses ovulasi masih berjalan maka proses pembuahan kemungkinan tetap bisa terjadi. Mengingat usia yang tak lagi muda kaum wanita pun sering bertanya-tanya bagaimana tanda hamil di usia 40 tahun?

Usia 40 tahun disebut sebagai usia resiko tinggi untuk hamil dan melahirkan namun bukan berarti hamil di usia 40 selalu mengkhawatirkan. Banyak wanita yang berhasil melalui proses kehamilan hingga persalinan di usia empat puluhan dengan sehat dan selamat.

Penelitian medis menunjukkan bahwa hamil di usia empat puluhan membawa keuntungan yaitu mencegah timbulnya kanker, dikarenakan terproduksinya hormon kehamilan yang secara alami berfungsi sebagai pencegah tumbuhnya sel kanker, resiko hamil dan melahirkan di usia empat puluhan memang relative lebih tinggi dibanding hamil di usia muda, oleh sebab itu diperlukan perawatan ekstra selama masa kehamilan namun karena usia empat puluhan adalah usia menjelang menopause (berhentinya proses ovulasi) yang ditandai dengan tidak lagi mengalami menstruasi, sebagian kaum hawa mungkin tak sadar jika dalam rahimnya sedang terjadi proses pembuahan dan pertumbuhan janin.

Ciri-ciri hamil di usia empat puluhan pada dasarnya sama dengan tanda-tanda hamil di usia dua puluh atau tiga puluhan, yaitu :

  1. Berhentinya menstruasi. Yang membedakan dengan menopause adalah, pada menopause didahului dengan siklus haid yang tidak teratur.
  2. Sering merasa kelelahan
  3. Adanya perubahan pada payudara menjadi lebih lunak
  4. Sering merasa mual dan pusing terutama di pagi hari
  5. Merasa nyeri di bagian punggung
  6. Frekuensi kencing yang lebih sering dari biasanya

Ketika merasakan tanda-tanda hamil di usia 40 tahun maka sebaiknya sesegera mungkin calon ibu melakukan test kehamilan dan memeriksakan diri ke dokter untuk memastikannya demi kesehatan bayi dan ibunda.

Selanjutnya : Hasil Sadap Karet 1 ha
Sebelumnya: Langkah Penting Keselamatan Kerja di Bengkel
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar