Tanda Sakit di Bawah Perut Kiri


Sakit perut lazim kita alami dalam kehidupan sehari-hari. Rasa nyeri, tidak nyaman yang terjadi pada perut diartikan sebagai sakit perut. Namun ternyata sakit perut tidak sesederhana yang kita kira, mengingat organ yang dilindungi rongga perut ini ada bermacam-macam.

Sakit perut ini harus diidentifikasi bagian mana yang menderita sakit, apakah bagian luar yang mungkin disebabkan kram otot atau bisul dan ruam atau sakit hebat tersebut ada di bagian dalam perut. Jika bagian dalam perut yang menderita sakit juga perlu ditelaah lebih jauh, apakah yang sakit di bagian abdomen, bagian tengah, bagian atas, bagian kiri bawah atau bagian kiri bawah. Untuk membantu diagnose ada baiknya kita mempelajari tanda-tanda sakit perut beserta organ yang kemungkinan diserang seperti misalnya tanda sakit di bawah perut kiri.

Sakit perut bisa terjadi dalam skala ringan atau berat, interval terjadinya keluhan sakit bisa terus menerus atau kadang muncul kadang hilang. Penyakit yang muncul dengan gejala sakit perut bisa karena gangguan pencernaan, sistem sekresi atau organ reproduksi. Sakit perut yang menyertai gangguan pencernaan bisa disebabkan karena pergerakan gas, serangan kuman atau bakteri atau radang usus.

Sakit perut karena gangguan sistem reproduksi bisa terjadi karena infeksi saluran indung telur, gangguan pada rahim atau kemungkinan penyakit hernia pada pria. Sakit perut yang timbul karena gangguan sistem sekresi bisa terjadi karena gangguan ginjal atau saluran kencing.

Sakit perut pada bagian kiri bawah atau nyeri panggul dapat disebabkan oleh hernia inguinal, infeksi pada ginjal, adanya penyakit batu ginjal, Thoracic aneurisma aorta, radang usus buntu, radang kandung kemih, diverticulitis, kehamilan di luar kandungan, endometriosis (gangguan pada saluran indung telur), obstruksi usus, kista ovarium, Radang vesikula seminalis, timbulnya kantung nanah pada tuba falopii dan ovarium (tuboovarian abses), rasa sakit yang menyertai ovulasi (Pra Menstruasi Syndrome) atau penyakit radang panggul (PRD)

Jika menderita tanda sakit di bawah perut kiri dan tidak mereda meski telah diobati sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih intensif. Tindakan medis dengan alat lebih canggih seperti USG, test laboratorium untuk cek darah akan membantu diagnosa yang tepat.

Selanjutnya : Cara Shalat Dhuha yang Baik dan Benar
Sebelumnya: Tanda Penyakit HIV
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar