Beberapa Tanda Sakit Ginjal

Mengenali ciri dan tanda sakit ginjal secara dini sangat penting. Sehingga, Anda dapat  dengan segera mengantisipasi dan mengobatinya. Ginjal adalah organ penting dalam manusia yang berfungsi untuk mengeluarkan sisa metabolisme yang  tidak dibutuhkan tubuh. Serta membuang racun dalam bentuk air seni.

Selain itu, ginjal juga berfungsi untuk mempertahankan keseimbangan dan mengatur konsentrasi dan komposisi cairan tubuh, mempertahankan tekanan darah, mengatur produksi sel darah merah, serta mengatur situasi kalsium pada tulang. Dengan demikian, ginjal sangat penting untuk dijaga. Manusia memiliki dua ginjal dalam tubuh. Jika ginjal ini rusak, maka akan banyak penyakit yang timbul.

Tanda-tanda Penyakit pada Ginjal

1.    Munculnya rasa gatal yang berlebihan
Fungsi utama ginjal yaitu membuang kotoran atau limbah dari aliran darah. Ketika ginjal tidak berfungsi akan terjadi penumpukan kotoran di dalam tubuh dan menyebabkan rasa gatal yang berlebihan, sehingga sulit diatasi. Umumnya juga dibarengi timbulnya pembengkakan di berbagai tubuh penderita.

2.    Sesak napas
Sesak napas ini diakibatkan banyaknya cairan yang menutupi saluran paru-paru yang disebabkan tidak berfungsinya ginjal serta anemia, kekurangan oksigen pembawa beberapa sel darah merah. Penderita sesak napas akan sukar untuk tidur dan perut kembung terus-menerus.

3.    Tubuh kedinginan
Penderita gagal ginjal bisa mengalami kedinginan untuk beberapa waktu, meski dalam ruangan yang hangat sekalipun.

4.    Kepala pusing dan sukar berkonsentrasi
Kekurangan oksigen bagi penderita gagal ginjal akan membuat otak tidak memperoleh oksigen yang cukup. Ini  menyebabkan kepala jadi pusing, susah konsentrasi, bahkan dapat kehilangan keseimbangan ketika berjalan.

5.    Sakit di sekitar pinggang
Umumnya, penderita ginjal mengalami sakit di bagian pinggang. Ini disebabkan penyakit batu ginjal. Jika batu ginjal ini terjerat pada saluran pada kandung kemih, maka rasa sakit akan bertambah kronis.

6.    Sakit buang air kecil
Penderita ginjal umumnya merasa sakit jika buang air kecil dan warna urine lebih penat dari biasanya. Bahkan untuk masalah tertentu, urine dibarengi dengan darah.

Bila Anda merasakan adanya tanda sakit ginjal di atas, maka sebaiknya segera ke rumah sakit atau berkonsultasi dengan dokter. Segera lakukan pengobatan agar penyakit tidak bertambah kronis.

Loading...
Selanjutnya : Apa Saja Jenis Permainan Bully PS 2
Sebelumnya: Apa Itu Legalitas?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar