Tanda Tanda Akan Menstruasi


Menstruasi adalah perubahan fisiologis yang terjadi pada wanita secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik estrogen maupun progesteron. Pada umumnya, menstruasi yang terjadi pada wanita memiliki gejala tertentu yang membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Tanda-tanda akan menstruasi atau yang lebih dikenal Pre-menstrual Syndrome (PMS) sangat umum dialami wanita.

Meskipun, beberapa gejalanya memiliki perbedaan antara satu wanita dengan wanita yang lainnya. Namun, alangkah baiknya, jika Anda mengetahui gejala ini lebih awal, agar ketidaknyamanan tersebut bisa Anda atasi dengan baik.

Tanda Mentruasi

Apa sajakah tanda-tanda akan menstruasi? Simak beberapa penjelasan berikut.

1. Kram Menstruasi

Sebagian besar wanita mengalami kram menstruasi dan menimbulkan rasa sakit. Cara mengatasi hal ini adalah kompres perut dengan air hangat, karena cara ini bisa membantu meringankan sakitnya.

2. Suasana Hati yang Berubah

Biasanya menjelang datangnya menstruasi, Anda akan mengalami mood yang jelek, seperti marah tanpa alasan atau serba salah.

3. Payudara Lebih Lembut

Kondisi ini biasanya terjadi pada kebanyakan wanita. Tekstur payudara yang lebih lembut dan sakit jika tersentuh. Untuk mengatasinya, Anda bisa kompres payudara  dengan waslap hangat untuk meringankan sakitnya.

4. Nyeri Punggung

Nyeri punggung merupakan gejala umum lainnya yang dialami wanita, bahkan menjadi salah satu gejala yang menimbulkan rasa tidak nyaman.

5. Sakit Kepala

Jika Anda mengalami rasa pusing dan sakit kepala, Anda dapat mengatasinya dengan melakukan pijatan ringan di daerah kening.

6. Nafsu Makan Berkurang

Kondisi ini sangat wajar, namun Anda jangan khawatir karena nafsu makan Anda akan kembali normal setelah menstruasi berakhir.

7. Vagina Kering

Beberapa wanita mengeluarkan cairan putih sebelum menstruasi, namun sebagian yang lain justru menderita kekeringan vagina.

8. Merasa Haus

Beberapa wanita akan mengalami retensi air pada beberapa hari menjelang periode menstruasi. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memperbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi.

9. Kelelahan

Sebagian wanita menderita kelelahan dan rasa malas yang berlebihan sebelum menstruasi datang.

Jadi, jika Anda mendapati tanda-tanda tersebut, maka bersiaplah untuk menyambut tamu bulanan Anda. Selain tanda-tanda tersebut, Anda juga harus selalu menjaga kebersihan dan kesehatan Anda.

Demikian informasi tentang tanda-tanda akan menstruasi. Setelah mengenali gejala tersebut, Anda akan lebih cerdas untuk menjaga diri Anda saat menstruasi datang. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Ciri-ciri Siklus Haid Yang Normal
Sebelumnya: Tari Bali dan Penjelasannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar