Tanda-tanda Sakit Paru-Paru


Penyakit paru-paru atau sakit paru-paru adalah terjadinya peradangan dan terisinya cairan pada pulmonary alveolus. Pulmonary alveolus ini adalah bagian dari paru-paru yang berfungsi menyerap oksigen dari udara. Penyebab sakit paru-paru antara lain adalah infeksi bakteri, jamur, parasit, dan virus. Selain itu, dampak dari zat-zat kimia seperti konsumsi alkohol berlebih atau cedera fisik pada paru-paru akibat penyakit lain seperti kanker paru-paru pun dapat menjadi penyebab sakit paru-paru ini.

Tanda-tanda sakit paru-paru ini mencakup batuk berdahak yang disertai lendir kehijauan atau berdarah, rasa nyeri pada dada, nyeri saat menghirup napas, dan pernapasan yang cepat yang terkadang disertai suara berdengik.

Tanda-tanda yang mudah dikenali adalah menggigil yang disertai demam, nyeri dada, dan sesak napas. Tanda-tanda lainnya yang timbul yaitu batuk berdahak yang makin memburuk dan menahun, rasa sakit di badan, dan sakit kepala. Orang yang berisiko terjangkit sakit paru-paru adalah pekerja yang terpapar polusi, pengidap AIDS, pengidap diabetes, pengidap sakit jantung, pengonsumsi alkohol, dan perokok.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang terdapat pada paru-paru:

•    Radang paru-paru atau pneumonia adalah peradangan alveolus dan bronkiolus. Alveolus adalah gelembung udara mikroskopik paru-paru, sedangkan bronkiolus adalah saluran udara terkecil.

•    Penyakit Legionnaries yang disebabkan bakteri legionella pneumophilia

•    Efusi Pleura adalah timbulnya kelebihan cairan pada membran berlapis ganda yang menyelubungi paru-paru.

•    Tuberkulosis atau TBC disebabkan oleh serangan bakteri mycobacterium tuberculosis yang mengakibatkan infeksi jaringan paru-paru

•    Pneumotoraks adalah penyakit yang terdapat pada selaput paru-paru.

•    Asma adalah radang paru-paru yang menyebabkan sesak napas.

•    Penyakit Paru-paru Obstruktif Kronis atau PPOK merupakan terjadinya kerusakan jaringan paru-paru yang progresif dengan disertai sesak napas yang semakin berat.
•    Bronkhitis Kronis adalah peradangan, pembengkakan, dan penyempitan bronkus atau saluran udara utama menuju paru-paru. Penyebabnya adalah asap rokok, tembakau, infeksi berulang, atau terpapar pada zat polutan dalam waktu yang lama.

•    Emfisema adalah jenis dari PPOK yang berkaitan dengan kerusakan alveoli atau kantung udara di paru-paru.

•    Silikolis merupakan suatu pneumokoniosis akibat inhalasi partikel-partikel kristal silika bebas.

•    Asbestosis adalah kerusakan berat pada paru-paru akibat banyaknya zat asbes yang terhirup. Dampak lebih lanjut dari penyakit ini dapat mengakibatkan kanker paru-paru

Demikianlah tanda-tanda sakit paru-paru dan jenis sakit paru-paru.

Selanjutnya : Contoh Proposal Laporan Kegiatan 17 Agustus
Sebelumnya: Eksistensi Planet Surf
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar