Tanda-tanda Wanita Akan Haid


Tanda-tanda wanita akan haid sangat beragam, tergantung kondisi dari wanita itu sendiri. Wanita secara rutin akan mendapat menstruasi atau haid setiap bulannya. Pada umumnya, sebelum datang tamu bulanan tersebut diawali dengan tanda-tanda tertentu, baik fisik maupun mental. Wanita bisa mewaspadai tanda-tanda haid untuk meminimalkan rasa yang kurang nyaman saat akan terjadinya tamu bulanan.

Tak semua wanita akan merasakan gejala yang sama saat akan mendapat haid. Namun, umumnya tanda-tanda seperti merasa sakit punggung, sakit kepala, atau payudara terasa nyeri akan dirasakan oleh sebagian wanita. Tak hanya gejala fisik saja, perubahan suasana hati seorang wanita yang akan mendapat haid pun bisa terjadi, seperti mudah emosi atau merasa cepat lelah.

Serba-serbi Menstruasi

Menstruasi adalah proses keluarnya darah pada dinding rahim melalui vagina yang terjadi setiap bulan. Menstruasi juga disebut sebagai kesiapan tubuh seorang wanita untuk memiliki anak atau hamil. Biasanya, menstruasi pertama kali muncul pada usia 10 – 16 tahun. Namun, tergantung  dari kondisi kesehatan wanita, berat badan yang stabil pada tinggi badan, serta nutrisi tubuh.

Seseorang dikatakan tidak normal jika hingga usia 16 atau 17 tahun belum mendapatkan menstruasi. Kisaran hari normal menstruasi selama 3 hingga 7 hari. Saat menstruasi akan datang, banyak wanita yang mengeluh karena rasa tidak nyaman yang dirasakan. Tanda-tanda wanita akan haid memang seperti orang yang sedang sakit.

Tanda-tanda Menstruasi

Saat menstruasi atau haid akan tiba, beberapa gangguan berikut akan dirasakan oleh sebagian wanita.

1. Nyeri Kepala (Pusing)

Saat akan datang haid, banyak wanita yang merasa pusing menyebabkan banyak wanita merasa malas beraktivitas.

2. Payudara Membengkak

Merupakan gejala umum yang dirasakan oleh semua wanita saat menjelang haid. Payudara terasa menjadi bengkak dan sakit.

3. Mudah Merasa Lelah

Banyak wanita yang mudah merasa lelah saat haid. Kelelahan dan gampang mengantuk merupakan gejala umum saat menjelang haid dan selama haid berlangsung.

4. Sakit Punggung

Tanda ini sering dirasakan oleh banyak wanita. Kondisi punggung yang terasa sakit, area perut yang kram, paha bagian dalam terasa nyeri, serta rasa sakit juga pada area perut.

5. Perubahan Selera Makan

Menginginkan makanan secara berlebihan atau dikenal dengan istilah ngidam banyak terjadi pada wanita yang akan mengalami haid. Tak hanya sedang hamil, rupanya wanita yang akan dan sedang haid pun mempunyai keinginan makanan tertentu dan mudah merasa haus serta lapar.

Demikian tanda-tanda wanita akan haid. Sebaiknya, setiap wanita perlu mewaspadai dan mengantisipasi tanda-tanda tersebut agar dapat mengurangi ketidaknyamanan saat haid datang.

Selanjutnya : Mengetahui Syarat-Syarat Tafsir Quran
Sebelumnya: Sifat Aluminium pada Peralatan Masak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar