Mengenal Tanggal Horoskop Jawa


Sebagian orang meyakini bahwa rahasia kehidupan, seperti jodoh, karir, kesehatan, dan sebagainya dapat dilihat dari tanggal horoskop.

Rujukan yang paling umum dikenal dan populer terutama dikalangan anak muda ialah zodiak yang dirumuskan oleh bangsa Yunani. Selain itu, masih ada  hasil karya bangsa Cina yang menciptakan ilmu astrologi Cina.

Pada masa lampau, orang Jawa memiliki sebuah kebudayaan yang tidak tertinggal dari kebudayaan bangsa lain. Masyarakat Jawa menciptakan ilmu astrologi yang menghasilkan horoskop Jawa dengan istilah Pranata Mangsa.

Pranata Mangsa orang Jawa mampu mengungkap rahasia yang meliputi, kelahiran, rezeki, jodoh, kesehatan, karier, watak, dan sebagainya.

Jumlah Pranata Mangsa dalam horoskop Jawa sebanyak 12 macam yang dibedakan menurut nama dan tanggal atau mangsa tersebut. Untuk menghilangkan rasa penasaran mengenai diri kita berada pada mangsa apa, berikut ini penjelasannya.

Mangsa pertama disebut Kaso yang dimulai dari tanggal 23 Juni – 2 Agustus, dilanjutkan dengan mangsa Karo dimulai tanggal 3 Agustus sampai 25 Agustus.

Seseorang yang dilahirkan antara tanggal 26 Agustus sampai 18 September memiliki mangsa yang dinamakan Katelu. Sementara itu, tanggal lahir antara 19 September sampai 13 Oktober mangsanya ialah Kapat. Mangsa Kalima adalah seseorang yang dilahirkan antara tanggal 14 Oktober sampai 9 November.

Mangsa Kanem berarti bahwa seseorang dilahirkan pada tanggal antara 10 November hingga 22 Desember. Kemudian, diikuti mangsa Kapitu pada interval tanggal 23 Desember hingga 3 Februari. Mangsa Kawolu berada pada tanggal kelahiran antara 4 atau 5 Februari sampai 1 Maret.

Ada yang disebut mangsa Kasanga, yaitu dilahirkan pada interval waktu 2 Maret  hingga 26 Maret, sedangkan pada tanggal 27 Maret hingga 19 April mangsanya adalah Kasadasa. Mangsa Desta lahir pada tanggal 20 April sampai 12 Mei dan mangsa Saddha antara tanggal 13 Mei sampai 22 Juni.

Ramalan dengan menggunakan tanggal horoskop Jawa memang memiliki tempat berbeda dalam pandangan orang Jawa sekali pun.

Semuanya kembali pada penilaian masing-masing orang yang berpendapat berdasarkan keyakinannya. Namun, tidak ada salahnya apabila diberikan apresiasi kepada masyarakat Jawa yang telah menciptakan budaya super rumit.

Demikianlah artikel singkat berjudul Mengenal Tanggal Horoskop Jawa ini. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Apakah Pengertian Kebangsaan?
Sebelumnya: Efek Virus Chikungunya Pada Tubuh Manusia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar