Definisi Tari Jaipong Asal Jawa Barat


Bagi orang Bandung, tentu tidak asing dengan namanya Jaipongan atau Tari Jaipong, Tari ini terkenal karena memiliki gerakan yang indah dan berakar dari kesenian rakyat. Tapi tahukah kita definisi tari jaipong?

Tari jaipong merupakan karya seni tari yang dibuat dari hasil kreatifitas seniman yang berasal dari Bandung yang bernama Gugum Gumbira.

Dia terinspirasi dari kesenia-kesenian rakyat yang ia geluti dan sukai seperti ketuk tilu yang membuat dia memahami dan mengetahui perbendaharaan pola gerak tari-tari tradisional yang ada pada gerakan kliningan atau bajidoran, dari situlah dia mengembangkan dan menggabungkan kesenian baru yang sekarang dikenal oleh orang Jawa Barat dengan nama tari jaipong atau jaipongan.

Tari “Daun Pulus Keser Bojong” dan “Rendeng Bojong” merupakan karya pertama tari dengan genre jaipong. Kedua tari tersebut dibawakan secara perseorangan (putri) dan sering juga berpasangan (putra dan putri).

Gerakan yang dibawakan dalam tarian tersebut awalnya mengandung gerakan yang erotis, dimana hal tersebut bukan mencirikan masyarakat Indonesia yang berbudaya Timur.

Namun seiring berjalannya waktu dan budaya yang semakin banyak masuk ke Indonesia, tari jaipong ini mulai banyak digemari oleh masyarakat, khususnya Bandung. Para pembawanya sering menerima permintaan manggung, baik di acara hajatan tingkat desa, pemerintahan, hingga nasional secara live di televisi.

Nama-nama penari seperti Tati Saleh, Yati Mamat, Eli Somali dan Pepen Dedi Kirniadi, mereka adalah para pembawa tari jaipong, yang namanya terkenal seiring merakyatnya tarian tersebut di kalangan masyarakat.

Tari Jaipong atau Jaipongan ini mendorong para pecinta seni tari untuk lebih aktif lagi berkreasi, agar nantinya kesenian tradisional tari tetap berjaya sepanjang zaman.

Selain daripada itu, kehadiran tarian ini banyak memberikan dampak positif bagi masyarakat, disamping menambah kekayaan budaya Indonesia, juga meningkatkan keterampilan anak bangsa dengan membuka sanggar-sanggar tari.

Selain ditampilkan untuk dinikmati para pengagumnya dari daerah asalnya, yakni Jawa Barat, tari jaipong ini juga dimanfaatkan untuk penyemarak acara-acara yang dihadiri oleh tamu-tamu asing dari mancanegara yang datang ke Jawa Barat.

Begitu melekatnya tarian ini di daerah tersebut, hingga mempengaruhi kesenian lainnya seperti seni wayang, seni dangdut, seni genjring. Maka tak jarang di Jawa Barat marak seni tari jaipong dipadukan dengan kesenian-kesenian tersebut.

Demikian penjelasan singkat dari definisi tari jaipong, semooga bermanfaat.

Selanjutnya : Mengenal Bagaimana Cara Berhubungan Suami Istri yang Sehat di Saat Hamil
Sebelumnya: Bentuk Kepemilikan Usaha di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar