Tarian Daerah yang Pernah Tampil di Luar Negeri


Indonesia kaya akan seni budaya. Sebagai negara kepulauan yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, ada beragam suku dan ras dengan tarian khasnya masing-masing.

Walaupun ada negara jiran yang hobi mengklaim kebudayaan Indonesia sebagai kebudayaan negaranya, namun putra-putri bangsa tetap berkarya secara mendunia.

Mudah-mudahan dengan jerih payah para pekerja seni yang tetap konsisten untuk berkarya di bidang tari-tarian ini, dunia internasional mengenal seni budaya Indonesia sebagai karya otentik milik bangsa Indonesia. Berikut ini akan diulas mengenai tarian daerah yang pernah tampil di luar negeri.

Tari Saman adalah tarian yang berasal dari Aceh dan dipentaskan oleh sekelompok penari. Tari-tarian asal Aceh tidak ada yang dibawakan sendirian atau solo. Tari Saman ini dikenal juga sebagai tari tangan seribu atau a thousand hand dance.

Tarian ini dibawakan secara dinamis oleh sepuluh orang wanita atau sepuluh orang pria. Tari Saman ini pernah dipentaskan dalam Festival International Folklore tahun 2012 di Lloret de Mar, Barcelona, Spanyol. Selain tari Saman, ada juga tari Ranub Lampuan yang biasanya dipertunjukkan untuk acara menghormati tamu.

Reog Ponorogo Singo Lodoyo pernah dipentaskan di Washington DC, Lodoyo USA. Kesenian reog ini berasal dari Jawa. Di Korea Selatan, Tari Piring pernah dipagelarkan oleh rakyat Indonesia.

Tari piring berasal dari Minangkabau, awalnya ini merupakan suatu ritual ungkapan terima kasih kepada dewa-dewa atas hasil panen. Pada tarian ini para penari membawa piring yang berisi makanan sesaji dan bergerak melangkah secara dinamis.

Pagelaran tari kecak dipentaskan di San Francisco, Kalifornia, tepatnya di Pusat Yerba Buena. Tari ini berasal dari Bali, keunikan tarian ini adalah tidak ada musik pengiring gamelan.

Musik pengiring tarian ini berasal dari mulut yang berbunyi “cak cak ke” secara berulang-ulang sehingga disebut sebagai tari kecak.

Tari Bali lainnya yang berhasil memukau dunia internasional adalah Tarian Panji Semirang dan beberapa tarian lain. Tari-tarian tersebut dipentaskan di Perancis beberapa kali.

Beberapa di antaranya adalah dalam rangka merayakan kemerdekaan Perancis pada 14 Juli 2011 di depan kantor Walikota Gravelins dan dua hari sebelumnya di kawasan wisata Bray Dun, Paris Utara.

Demikianlah beberapa tarian daerah yang pernah tampil di luar negeri.

Selanjutnya : Informasi Tentang Pencemaran Tanah Sebagai Program Kebijakan Pemerintah
Sebelumnya: Mengenal Kebudayaan Amerika Selatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar