Indonesia Kurang dalam Menjaga Tarian Tradisional

Tarian tradisional merupakan salah satu budaya yang dimiliki negara Indonesia. Karena wilayah Indonesia terbilang sangat luas sehingga penyebaran penduduknya pun sangat banyak. Itulah salah satu faktor mengapa Indonesia memiliki banyak tarian tradisional. Setiap kelompok anggota masyarakat memiliki tarian tradisionalnya. Akan tetapi dengan berkembangnya zaman banyak orang Indonesia yang tidak tau tentang tari tradisional.

Cara Menjaga Tari Tradisional di Indonesia

Menjaga merupakan hal yang paling sulit jika dibandingkan dengan ketika harus membangunnya. Begitu pula dengan saat kita harus menjaga tarian tradisional Indonesia. Karena itu kita harus mengetahuinya meskipun hanya sedikit dan belum tentu tau. Selain itu, kita sebaiknya mempelajari tarian tradisional ini dari pada tarian asing.

Penyebab Punahnya Tarian Tradisional

Sebab terpenting punahnya tarian tradisional Indonesia yaitu masuknya budaya asing yang secara langsung diserap orang Indonesia. Mereka tidak melakukan penyaringan terlebih dahulu terhadap budaya yang masuk ke Indonesia. Sehingga sekarang banyak budaya yang telah luntur, itu juga penyebab hilangnya identitas Indonesia.

Cara Mudah Mempelajari Tarian Tradisional

Yang paling mudah untuk mempelajarinya yaitu kita mencari tahu sebanyak-banyaknya tentang tarian tradisional yang ada di Indonesia. Kemudian perlahan kita belajar untuk melakukan beberapa tarian tradisional yang bisa didapatkan di sangar tari atau yang lain.

Dampak Negatif Punahnya Tarian Tradisional di Indonesia

Dengan punahnya tarian tradisional akan menghilangkan identitas budaya pada bangsa Indonesia. Yang paling terlihat saat ini banyak tarian yang sudah diklaim oleh bangsa asing, karena mereka beranggapan bahwa bangsa ini tidak lagi peduli dengan tarian tradisional.

Orang yang Paling Berjasa Menjaga Tarian Tradisional

Orang-orang yang paling berjasa yaitu orang-orang yang masih mau melestarikan tarian itu. Seperti mengajarkan tarian itu meskipun tidak dibayar oleh siapa pun. Bahkan saat ini ada anak negeri yang memenangkan sebuah acara terbesar di Indonesia dengan membawakan tarian-tarian tradisional.

Hikmah Mempelajari Tarian Tradisional

Hikmah terpenting yaitu kita masih tetap bisa melestarikan tarian tradisional dan menjaganya agar tidak diklaim oleh orang asing.

Kenapa Indonesia Kurang Menjaga Tarian Tradisional?

Karena bangsa Indonesia kurang peduli dengan karya yang diciptakan oleh bangsa itu sendiri. Dan kurang adanya satu program yang dapat mendukung pelestarian tarian tradisional yang sekarang sudah ada yang diklaim warga asing.

Selanjutnya : Inisiasi Kultur Jaringan adalah Tahapan Memperbanyak Tanaman
Sebelumnya: Jenis Arus dan Arus Dingin California
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...