Penurunan Tarif Kereta Kelas Ekonomi Bandung Surabaya

PT. Kereta Api Indonesia mengeluarkan kebijakan penurunan tarif kereta api ekonomi jarak dekat, sedang, dan jauh. Ini termasuk tarif kereta kelas ekonomi Bandung Surabaya. Beberapa kereta ekonomi dengan rute Jawa Barat-Jawa Timur yang tarifnya turun adalah Kahuripan, Kutojaya, dan Pasundan. Tarif tersebut berlaku mulai 1 September 2013.

Dari Jawa Barat, ketiga kereta tersebut berawal dari stasiun Kiara Condong.  Kereta Kahuripan dengan tujuan Kediri yang semula harga tiketnya Rp100 ribu turun menjadi Rp50 ribu, mengalami penurunan sebesar 50%. Tarif kereta ekonomi Kutojaya yang sudah murah dengan tarif awal Rp50 ribu pun masih diturunkan lagi menjadi Rp35 ribu. Sedangkan kereta Pasundan yang memiliki rute Bandung Surabaya atau Kiaracondong–Surabaya Gubeng akan turun menjadi Rp55 ribu dari tarif semula sebesar Rp100 ribu.

Ternyata penurunan tarif kereta ekonomi ini tak hanya berlaku untuk kereta antar kota, tetapi juga untuk kereta lokal dalam kota. Tarif ekonomi dari Kiaracondong ke Padalarang misalnya, semula tarif tersebut Rp1500 menjadi Rp1000. Walau demikian ada pula tarif kereta dalam kota yang tetap Rp1500, yaitu jurusan Padalarang–Cicalengka dan Purwakarta–Cibatu. Namun ada perbedaan fasilitas pada kereta tersebut, yaitu tambahan AC. Hal ini seperti disampaikan oleh Bambang S. Prayitno, Manager Hubungan Masyarakat PT. KAI Daerah Operasi 2 Bandung.

Penurunan tarif kereta ekonomi ini dilakukan setelah dilakukan penandatanganan Kontrak Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik atau Public Service Obligation (PSO)  oleh Ignasius Jonan Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dan Tundjung Inderawan,  Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Nomor kontrak tersebut adalah PL.102/A.158/DJKA/6/13 dan HK.221/VI/4/KA-2013.

Menurut Ignasius Jonan, pemberian subsidi PSO oleh pemerintah akan menyediakan tarif yang terjangkau bagi masyarakat. PT. Kereta Api Indonesia berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan angkutan mereka, sehingga dapat menjadi lebih aman, manusiawi, dan nyaman. Dengan demikian, tak ada lagi penumpang kereta api yang berdiri dan merokok di dalam kereta. Selain itu, pedagang asongan pun akan dilarang berjualan di dalam kereta.

Demikianlah informasi mengenai penurunan tarif kereta kelas ekonomi Bandung Surabaya.

Selanjutnya : Apa Saja Fasilitas Xenia 2007?
Sebelumnya: Siapa yang Menciptakan Antivirus Smadav?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...