Tarif Pajak Kendaraan Bermotor Per Provinsi Seluruh Indonesia

Tarif pajak kendaraan bermotor per provinsi seluruh Indonesia bisa dikatakan tidak sama antar satu daerah dengan daerah yang lainnya. Hal ini dikarenakan pemungutan pajak tersebut dilakukan berdasarkan kebijakan provinsi setempat.

Dengan kata lain, bisa saja pajak kendaraan bermotor di tempat lain murah tetapi di tempat kita saat ini mahal. Hal tersebut sangatlah bisa terjadi mengingat kebijakan yang diambil oleh setiap daerah adalah berbeda-beda bergantung pada pengambil kebijakan tersebut.

Tidak jarang pula kita melihat sering terjadi pemutihan terhadap pajak kendaraan yang dibebankan kepada masyarakat. Ini juga merupakan kebijakan pemerintah daerah setempat yang membebaskan pajak beberapa kendaraan dalam tempo tertentu.

Pajak Kendaraan Bermotor

Pajak kendaraan bermotor merupakan pajak daerah. Maksudnya adalah pajak kendaraan bermotor dikelola oleh pemerintah daerah setempat. Seperti yang diketahui bahwasanya pajak sendiri terdiri dari dua macam yakni pajak daerah dan pajak pusat.

Pajak daerah macamnya sangat banyak sekali. Salah satunya adalah pajak kendaraan bermotor tersebut. Pajak ini dikenakan pada semua kendaraan baik roda dua ataupun lebih yang dimiliki oleh seseorang.

Ketika ketika membeli barang berupa mobil atau sepeda motor maka akan dikenakan pajak terhadap kendaraan tersebut. Jenis pajak yang dikenakan pada kendaraan bermotor biasanya dibebankan pada saat penerbitan BPKB dan STNK ataupun balik nama BPKB dan STNK.

Sedangkan untuk besarnya biaya yang harus dikeluarkan setiap daerah tidaklah sama. Biasanya besarnya pajak yang harus dibayarkan tersebut sudah termasuk biaya asuransi dan untuk membayar pajak kendaraan bermotor dilakukan di kantor samsat masing-masing daerah.

Pembayaran pajak kendaraan bermotor hanya bisa dilakukan di tempat atau daerah tempat BPKB diterbitkan. Misalnya saja jika kita beli kendaraan berplat Malang maka pembayaran pajak hanya bisa dilakukan di Malang dan tidak bisa dilakukan di daerah lainnya.

Jika ingin bisa dilakukan di daerah lainnya maka harus melalui proses mutasi terlebih dahulu. Dengan demikian, plat kendaraan kita juga akan berganti sesuai dengan daerah yang dipindah

Fungsi Pajak

Pajak memiliki banyak sekali fungsi, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pembangunan saranan umum
  2. Pembayaran gaji
  3. Subsidi pangan dan bahan bakar minyak
  4. Dana pemilu, transport dan lain-lain

Sekarang kita tahu bahwa tarif pajak kendaraan bermotor per provinsi seluruh Indonesia tidaklah sama. Besarnya bergantung pada kebijakan daerah masing-masing.

Loading...
Selanjutnya : Contoh Cerita Tentang Pengalaman Selama Liburan
Sebelumnya: Download Gambar-gambar Geografi dalam Pendidikan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar