Tata Cara Membuat Jamur Tiram


Tata cara membuat jamur tiram tergolong mudah. Jamur tiram memang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Proses pembuatan budidaya jamur tiram tergolong masih jarang. Jika Anda berminat untuk menjadi salah satu pengusaha jamur tiram, maka penting untuk mengetahui segala macam tentang jamur tiram mulai dari pembudidayaannya hingga masa panen.

Proses tata cara pembuatan jamur tiram harus sesuai prosedur agar bisa menghasilkan jamur dengan kualitas yang benar-benar baik. Bahan pembuat jamur tiram pun harus dijaga baik kualitas, ukuran dan takarannya.

Proses tata cara pembuatan jamur tiram dimulai dengan memilih dan membersihakn serbuk gergaji yang digunakan sebagai bahan media. Lalu bahan tersebut dicampur dan ditakar dalam baskom plastik. Media tumbuh jamur tiram dipadatkan hingga terbentuklah log. Ciri media yang baik ditandai dengan tingkat kepadatan yang rata. Perlu diingat bahwa jangan sampai lupa untuk menusuk ujung plastik dengan jari telunjuk agar bisa masak. Ini dilakukan supaya bahan yang telah dimasukkan serta dipadatkan bisa duduk dengan posisi yang tegak dan tidak miring

Masa panen jamur tiram bisa dilihat dari ciri-ciri yang ditampakkan. Jamur tiram ialah jamur yang memiliki rasa yang enak serta mempunyai aroma khas dan baik jika ia dipanen di waktu yang pas. Pemanenan jamur tiram dilakukan setelah buah berukuran maksimal. Pada saat ini, biasanya terjadi pada 2 hingga 3 hari dari tumbuhnya bakal tubuh buah.

Cara memanen jamur tiram ialah dengan mengambil batang jamur dari pangkal. Hal ini dilakukan karena biasanya batang jamur tiram yang tersisa bisa mengalami pembusukan. Pemotongan jamur tiram dilakukan menggunakan pisau yang tajam serta bersih. Potongan jamur lalu disimpan ke dalam wadah plastik dengan tumpukannya mencapai 15 cm.

Periode panen dari jamur tiram bisa dilakukan setiap hari maupun dilakukan beberapa hari sekali. Hal ini tergantung dari jarak pembukaan log. Setiap log bisa menghasilkan jamur sekitar 0,8 hingga 1 kilogram. Seluruh tahap dan langkah harus benar-benar diperhatikan dengan seksama untuk mendapatkan jamur tiram yang bagus.

Tata cara membuat jamur tiram ini semoga bisa menjadi manfaat bagi Anda semua yang ingin mengembangkan usaha jamur tiram atau sekedar menjadi hobi.

Selanjutnya : Film Thriller Terseram
Sebelumnya: Bank Yang Memberi Bebas Biaya Transfer
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar