Tata Cara Mengambil Wudhu yang Benar


Wudhu merupakan syarat sah salat. Jika wudhu kita salah, maka salat kita diragukan keabsahannya. Oleh karena itu, penting mengetahui tata cara mengambil wudhu yang benar.

Terdapat enam kewajiban, yaitu: 1) niat ketika membasuh muka dan disunahkan membaca basmallah ketika memulai wudhu, 2) membasuh seluruh muka (wajah, hidung, dan mulut), 3) membasuh kedua tangan sampai siku, 4) mengusap kepala (kepala dan kedua telinga), 5) membasuh kedua kaki sampai mata kaki, 6) tertib (berturut-turut tanpa selang waktu yang lama). Setelah selesai wudhu, disunahkan membaca doa. Jika salah satu tidak terpenuhi, maka wudhu tidak sah dan salat pun tidak sah.

Diriwayatkan dari Bukhari, Rasulullah pernah melakukan dalam 1 kali basuhan, 2 kali basuhan, atau 3 kali basuhan. Ini untuk menjaga agar tidak berlebihan menggunakan air. Dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, disunahkan untuk tayaamun (mendahulukan anggota badan sebelah kanan) serta muwalat (menyegerakan dengan basuhan berikutnya).

Disunahkan untuk berkumur dan menghirup air ke hidung. Diriwayatkan dari Bukhari dan Muslim, Rasulullah mengambil air penuh di telapak tangan. Lalu menghirupnya dengan sekali nafas sampai air masuk ke ujung hidung. Kemudian menyemburkannya dengan memencet hidung dengan tangan kiri. Ini dilakukan tiga kali. Dalam hadis riwayat Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i, Rasulullah menganjurkan untuk melakukan ini kecuali ketika berpuasa.

Saat membasuh muka, Rasulullah mencontohkan membasuh muka sebanyak tiga kali. Setelah itu, beliau mengambil air di telapak tangan dan memasukannya ke bawah dagu dan menyelakannya di jenggot beliau (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, Baihaqi, dan Hakim). Ini sesuai dengan firman Allah dalam Al Maidah:6, “Dan basuhlah muka-muka kamu.”

Ketika mengusap kepala, beliau mencontohkan dengan tangan yang sudah dibasahi air. Beliau mengusap dari depan kepala sampai belakang tengkuk dan mengembalikannya ke depan lagi.

Kemudian tanpa mengambil air lagi, beliau memasukkan jari telunjuk ke dalam telinga. Sedangkan ibu jari mengusap kedua daun telinga. Beliau melakukannya satu kali. Demikianlah tata cara mengambil wudhu yang benar. Semoga kita bersegera untuk memperbaiki wudhu.

Selanjutnya : Inilah Persiapan Fisik Sebelum Melahirkan Si Jabang Bayi
Sebelumnya: Cara Mencuci Pakai Mesin yang Benar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar