Tata Cara Mengetik Makalah yang Benar


Tata cara mengetik makalah yang benar perlu diperhatikan oleh pembuat makalah. Pembuat makalah kebanyakan siswa yang diberi tugas oleh gurunya. Pembuatan makalah oleh siswa kadang banyak terjadi kesalahan karena tidak memperhatikan panduan dan tata cara penulisan karya ilmiah. Meskipun tidak seberat skripsi atau tesis, pembuatan makalah sebaiknya juga sesuai dengan aturan penulisan yang berlaku.

 Langkah-langkah Pembuatan Makalah

Sebelum menghasilkan sebuah makalah yang baik, pembuatan makalah perlu dilakukan dengan melewati langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Persiapkan tema untuk makalah yang akan ditulis. Tema dapat dikerucutkan lagi menjadi judul untuk sebuah makalah.
  2. Mendalami tema tersebut dan mengumpulkan materi yang diperlukan dalam pembuatan makalah. Materi yang dikumpulkan bisa sumber literatur baik cetak maupun online. Catat terlebih dahulu sumber tersebut dengan rinci karena akan dipakai dalam pembuatan daftar pustaka makalah.
  3. Memulai penulisan. Sebuah makalah perlu diketik dengan menggunakan Bahasa Indonesia sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).
  4. Tata cara mengetik makalah yang benar perlu dilakukan secara runtut sesuai dengan struktur makalah.

Cara mengetik makalah yang benar perlu dilakukan secara runtut sesuai dengan struktur makalah, yaitu sebagai berikut.

a. Lembar Judul

b. Lembar Pengesahan

c. Kata Pengantar

d. Daftar Isi

e. Daftar Gambar

f. Daftar Tabel

g. Tubuh Makalah

  • Pendahuluan : latar belakang, ruang lingkup, manfaat dan tujuan.
  • Isi
  • Penutup : kesimpulan dan saran.
  • Daftar pustaka
  • Lampiran

Setelah selesai, baca kembali makalah tersebut. Kemungkinan kesalahan pasti ada dan kita dapat memperbaiki terlebih dahulu.

Format Penulisan Makalah

Penulisan makalah saat ini menggunakan perangkat lunak komputer yang dapat lebih mudah dimodifikasi oleh si pembuat. Berbeda pada zaman dulu yang hanya menggunakan mesin tik. Saat ini, jenis huruf dan margin dapat diubah-ubah dengan mudah sesuai dengan keinginan. Namun untuk sebuah karya tulis ilmiah, format penulisannya perlu memperhatikan aturan penulisan yang berlaku.

Sebuah makalah biasanya ditulis pada kertas A4 dengan margin sisi kiri dan atas adalah 4cm dan margin sisi bawah dan kanan adalah 3cm, sedangkan untuk jenis huruf serta penomoran lebih lanjut diatur oleh institusi masing-masing. Biasanya huruf yang dipakai adalah huruf Arial dengan ukuran 12 dan spasi 1,5. Jenis huruf tersebut akan sama dari awal sampai akhir makalah sehingga makalah tampak lebih rapi. Jumlah halaman makalah juga ditentukan oleh masing-masing institusi. Biasanya minimal 10 halaman.

Tata cara mengetik makalah yang benar perlu memperhatikan dua hal di atas. Pertama langkah-langkah pembuatan makalah dan kedua adalah format penulisan makalah. Jika kedua hal tersebut dapat dilakukan dengan baik maka makalah yang dihasilkan juga akan baik.

Selanjutnya : Mengungkap Teknik Memperbesar Alat Vital Pria
Sebelumnya: Kenali Tanda-tanda Hendak Menstruasi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar