Tata Cara Menulis Proposal Penelitian Kualitatif Yang Benar


Bagaimana tatacara menulis proposal penelitian kualitatif? Bila ini yang hendak Anda ketahui, maka tulisan berikut akan menjawab rasa ingin tahu tersebut. Membantu Anda yang sedang menyusun proposal penelitian, namun bingung ketika hendak memulai menulisnya.

• Proposal Penelitian Kualitatif

Sebelumnya, harus digarisbawahi bahwa tidak ada sistematika, format, dan isi proposal penelitian yang baku. Semuanya tergantung pada tujuan dan kelaziman di lembaga pendidikan atau pihak berwenang yang mana proposal tersebut diajukan.

Jadi, mungkin saja jika ada perbedaan dalam hal sistematika, format maupun isi proposal antara satu tempat pendidikan atau pihak berwenang dengan tempat pendidikan atau pihak berwenanglainnya.

Namun, secara garis besar isi dari suatu proposal penelitian memiliki dua hal utama, yaitu masalah penelitian dan metodologi penelitian. Proposal penelitian yang merupakan usulan terhadap rencana penelitian yang nantinya akan dilakukan harus memuat dua hal tersebut dan tidak boleh tidak.

Adapun maksud dari proposal penelitian kualitatif mengandung arti bahwa metodologi yang diajukan bersifat kualitatif. Yaitu menganalisa suatu masalah menggunakan pendekatan kualitatif.

Pendekatan ini dalam mengumpulkan data penelitian lebih banyak dengancara interview dan observasi. Memaparkan hasil penelitiannya pun bersifat deskripsi.Berbeda denganpendekatan kuantitatif yang menggunakan angka-angka dan dalam menganalisa hasil penelitian dibantu teknik-teknik statistika.

• Tata Cara Penulisan

Tata cara atau sistematika penulisan proposal penelitian kualitatif dan kuantitatif  secara umum tidak jauh berbeda. Yang membedakan hanya pada metode penelitiannya. Berikut ini sistematika penulisan proposal penelitian kualitatif.

1. Bab 1 (Pendahuluan), terdiri atas:

Latar belakang suatu masalah, masalah yang hendak diteliti, teori yang relevan dengan masalah tersebut, variabel-variabel penelitian, dan beberapa pertanyaan terkait dengan masalah dalam penelitian.

2. Bab 2 (Metode Penelitian).

Karena penelitian ini direncanakan bersifat kualitatif, maka dalam metode penelitiannya mencantumkan instrumen pengumpulan data. Apakah berupa interview, snowbowling, observasi (partisipan atau nonpartisipan), triangulasi, dan sebagainya. Dicantumkan pula populasi atau subjek penelitian, teknik analisis data, dan jadwal penelitian dari awal hingga akhir.

3. Bab 3 (Hasil Penelitian).

Memaparkan secara singkat hasil, manfaat dan urgensi dari dilakukannya penelitian ini.

Demikianlah tatacaramenulis proposal penelitiankualitatif.Tidak sulit bukan? Segeralah menyusunnya dan jalani proses penelitian dengan selalu bersikap optimis.Semoga paparan di atas dapat membatu Anda membuat penelitian yang diinginkan.

Selanjutnya : Contoh Lagu Daerah Jawa
Sebelumnya: Cerita Remaja Pelaku Sex Pranikah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar