Tata Cara Salat Dhuha 4 Rakaat


Salat Dhuha merupakan salah satu salat sunah yang memiliki banyak faedah. Di antara 20 amalan yang melapangkan rizqi adalah menunaikan salat Dhuha. Salat Dhuha menjadi alat sedekah setiap saat meskipun muslim tidak memiliki harta. Salat sunah ini terdiri atas beberapa rakaat, di antaranya ada yang 2 rakaat, 4 rakaat, 8 rakaat, dan tidak ada batasan jumlah maksimal rakaat salat Dhuha.

Salat Dhuha merupakan salah satu salat sunah yang memiliki banyak faedah. Di antara 20 amalan yang melapangkan rizqi adalah menunaikan salat Dhuha. Salat Dhuha menjadi alat sedekah setiap saat meskipun muslim tidak memiliki harta.

Salat sunah ini terdiri atas beberapa rakaat, di antaranya ada yang 2 rakaat, 4 rakaat, 8 rakaat, dan tidak ada batasan jumlah maksimal rakaat salat Dhuha. Nah, pada artikel ini, kami akan menyajikan tata cara salat Dhuha 4 rakaat dan beberapa faedah yang bisa didapat jika kita rutin mengerjakannya.

Salat Dhuha dilakukan ketika matahari naik setinggi kurang lebih 7 hasta dari bumi. Kira-kira sekitar pukul 7 pagi sampai pukul 11 siang. Perkiraan waktu akan berbeda di setiap negara bergantung pada terbitnya matahari.

Tidak ada batasan rakaat salat Dhuha. Minimal rakaatnya adalah 2 dengan 1 salam. Jika kita melakukan 4 rakaat, maka harus dengan 2 salam. Semakin banyak rakaat, maka semakin baik. Dianalogikan semakin banyak rakaat, maka semakin banyak sedekah dari setiap anggota tubuh kita.

Salat Dhuha diawali dengan niat. Lafadznya adalah ‘ushalli sunnatadl duhaa rak’ataini lillaahi ta’alaa’. Dilanjutkan dengan takbiratul ihram, membaca doa iftitah,  dan surah Al Fatihah. Untuk surat pendek pada rakaat pertama diutamakan adalah Asy Syam dan rakaat kedua adalah Ad Dhuha.

Adapun doa yang afdal dibaca saat salat Dhuha adalah sebagai berikut.

1 Tata Cara Salat Dhuha 4 Rakaat

Barangsiapa yang menginginkan kebutuhannya dicukupi oleh Allah, maka tegakkanlah salat Dhuha seperti yang dicontohkan Rasulullah. Demikian tata cara salat Dhuha 4 rakaat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan semoga manfaat salat dhuha bisa Anda rasakan. Rajinlah melaksanakan salat ini walau bukan salat yang wajib, sebagai penyempurna shalat 5 waktu.

Selanjutnya : Jadwal Perpustakaan Nasional
Sebelumnya: Berbagai Tema Kata Mutiara dalam Kitab Risalatul Qusyairiyah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar