Tehnik Penghitungan Gaji Karyawan Sistem Payroll


Dulu, sebelum teknologi berkembang semakin canggih,tehnik penghitungan gaji karyawanhanya dengan menggunakan cara manual, yaitu cara menghitung gaji karyawan yang hanya dengan bantuan kalkulator yang kemudian disusun dengan tulisan tangan pada selembar kertas putih. Demikian pula dengan slip gaji, cukup dengan menggunakan kuitansi yang telah distempel oleh perusahaan.

Setelah zaman semakin maju, kalkulator tidak lagi sebagai alat utama dalam menghitung gaji karyawan. Akan tetapi, telah berkembangnya teknologi yang lebih canggih dari sekadar kakulator. Namun, juga dapat dipakai untuk menyimpan data. Saat itu komputer telah ada, namun software yang dipakai masih WS (wordstar) dan lotus sebagai metode menghitungnya. Itupun masih menggunakan versi yang sederhana.

Kini, teknologi komputerisasi sudah semakin berkembang pesat. Software komputerpun semakin canggih. Selain itu, ada jaringan internet yang banyak memberikan kemudahan bagi penggunanya. Seiring dengan itu, sistem penggajian karyawanpun perlu ditingkatkan.

Menghitung gaji dengan payroll system adalah cara penghitungan gaji dengan perangkat kompurisasi, dimana sistem penggajian dilakukan dengan menggunakan pihak manajerial sumber daya manusia, sehingga penggajian karyawan akan lebih mudah dilakukan. Pihak menejerial di sini adalah sebuah perusahaan outsourcing dan juga bekerja sama dengan bank. Sebenarnya bank tidak banyak memberikan peran dalam sistem penggajian perusahaan, namun sebagai pihak jasa pelayanan. Perusahaan menggunakan jasa bank sebagai sarana pemberian gaji.

Berdasarkan bantuan layanan jaringan internet, maka semua administrasi dilakukan secara on-line. Ini akan mempercepat hubungan antara divisi keuangan dalam perusahaan dengan karyawan di berbagai sektor atau divisi. Disamping lebih cepat, sistem ini juga akurat.

Dengan bantuan bahasa pemprograman visual basic 6 dengan basis data MYSQL dan instalasi sistem, maka input data dapat dilakukan dengan cepat dan sistematis. Hasil akhir dari sistem ini adalah perusahaan akan memiliki laporan secara terperinci tentang data karyawan, absen, gaji pokok, tunjangan jabatan, bonus perusahaan, potongan pajak, potongan premi asuransi, serta kemungkinan dana pensiunan atau pesangon bagi karyawan yang berhenti bekerja.

Demikian uraian mengenai tehnik penghitungan gaji karyawan yang berlaku di perusahaan atau instansi yang sudah modern, sehingga lebih efektif dan efisien. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Teknik Pola Susunan Futsal
Sebelumnya: Tata Cara Wudhu dan Bacaannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar