Teknik Berkebun Cabe Hijau di Pekarangan Rumah


Harga cabe yang naik tiap tahunnya membuat penikmat cabe mengurangi jumlah cabe pada masakan. Namun, sekarang tidak jadi masalah jika bisa memanfaatkan pekarangan rumah yang masih kosong sebagai lahan untuk menanam cabe, terlebih lagi cabe hijau. Ada beberapa teknik berkebun cabe hijau di pekarangan rumah.

Menanam cabe hijau terbilang cukup mudah. Hal ini bisa dilakukan oleh siapa saja, asalkan tersedia lahan yang subur. Jika tanah di pekarangan kita kurang subur, maka tanah perlu diberi pupuk kompos ataupun pupuk kandang yang berasal dari kotoran hewan. Pupuk hewan bisa dibeli di tempat khusus yang menjual alat-alat pertanian.

Kemudian, tanah yang telah diberi pupuk, dilubangi kecil untuk menggemburkan tanah dan menanam bibitnya. Setiap lubang harus diberi jarak yang cukup jauh sekitar lima puluh sentimeter. Hal ini dilakukan agar tanaman cabe hijau dapat tumbuh dengan baik dan tidak mengganggu tanaman cabe hijau di sebelahnya.

Tanaman cabe hijau juga memiliki cabang yang sangat banyak. Setelah itu, masukan bibit yang bagus ke dalam tanah yang telah diberi lubang, lalu tutup lubang dengan tanah.

Cara memelihara tanaman cabe hiau tidaklah sulit. Tanaman ini harus rajin disiram. Penyiraman dilakukan dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan sore. Penyiraman harus dilakukan secara rutin dan teratur. Dua minggu sekali atau sebulan sekali tanaman cabe hijau perlu diberi sedikit pupuk buatan, berupa pupuk urea agar panen yang dihasilkan sangat bagus.

Kita juga harus merawat cabe dari serangan hama. Rumput-rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman cabe lebih baik segera disiangi. Penyakit utama yang sering menyebabkan tanaman cabe rusak adalah penyakit virus daun keriting. Virus ini dibawa oleh kutu daun.

Cabe hijau yang mengalami penyakit ini akan mengubah daun cabe menjadi keriting dan mengecil. Jika terserang penyakit ini, sebaiknya tanaman cabe yang terserang segera dicabut. Jika tidak segera dicabut penyakit ini akan menular kepada tanaman cabe yang lain.

Jika semua teknik berkebun cabe hijau berjalan lancar, maka tanaman cabe akan memasuki masa panen pada usia empat minggu sampai satu bulan. Dengan adanya tanaman cabe hijau di pekarangan rumah, tidak perlu repot-repot pergi ke pasar untuk membeli cabe. Tidak perlu lagi khawatir naiknya harga cabe. Dengan bertanam cabe, uang belanja akan lebih hemat.

Selanjutnya : Berburu Kumpulan Jurnal Gigi Gratis dan Berbayar di Internet
Sebelumnya: Daftar Film Rhoma Irama
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar