Teknik Bermain Voly


Tidak sulit untuk melakukan olahraga yang satu ini. Ada beberapa teknik dasar yang harus dipelajari dan dipraktekan agar bermain voly tersebut menjadi lebih terarah dan teratur . Teknik bermain voly tersebut antara lain service, passing, smash dan membendung. Jika Anda dapat menguasai keempatnya maka bermain voly menjadi lebih mudah dalam menghalau tim lawan yang lainnya.

Berikut ini adalah penjelasan teknik-teknik dasar bermain voly yang perlu Anda perhatikan sebelum mempraktekannya.. Pertama adalah teknik service dengan memperhatikan sikap, pandangan, lambungan ke atas sesuai kebutuhan serta kesiapan saat kapan harus memukul bola.

Terdiri dari service atas yang merupakan awalan melempar bola ke atas seperlunya, service bawah adalah awalan bola berada di tangan tanpa memukul bola dan service mengapung yaitu melemparkan bola ke atas namun tidak terlalu tinggi (tidak terlalu tinggi dari kepala).

Kedua adalah passing yang terdiri dari passing bawah (Pukulan atau pengambilan tangan kebawah) dengan cara sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk.,tangan dirapatkan, satu dengan yang lain  dan gerakan tangan disesuaikan dengan keras/lemahnya kecepatan bola.

Ada juga passing keatas (Pukulan/pengambilan tangan keatas) dengan cara sikap badan jongkok, lutut agak ditekuk, badan sedikit condong kemuka, siku ditekuk jari-jari terbuka membentuk lengkungan setengah bola, ibu jari dan jari saling berdekatan membentuk segitiga, kerapatan pada semua jari-jari dan gerakannya meluruskan kedua tangan.

Ketiga adalah teknik smash yang dilakukan dengan cara  membentuk serangan pukulan  keras saat bola berada diatas jaring, untuk dimasukkan ke daerah lawan. Supaya  melakukan dengan baik perlu memperhatikan faktor-faktor seperti awalan, tolakan, pukulan, serta pendaratan.

Kemudian teknik dasar yang terakhir adalah teknik blocking atau yang biasa disebut dengan teknik membendung ini dapat dilakukan dengan cara memberikan teknik  dorongan di dekat jaring untuk mencoba menahan atau menghalangi bola yang datang dari daerah lawan.

Sikap memblok yang benar adalah  jongkok, bersiap untuk melompat  dengan kedua tangan rapat dan lurus ke atas, ketika mendarat seharusnya langsung menyingkir dengan memberi kesempatan pada kawan satu regu untuk bergantian memblok.

Jika Anda memang mengaku hobi bermain voly maka tak ada salahnya untuk mencoba melakukannya di halaman rumah atau ditempat Anda setiap pagi atau ditempat lain bersama sanak family atau sahabat-sahabat. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Cara Main Poker
Sebelumnya: Kata Bijak Cinta Orang Tua
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar