Teknik Dalam Cabang Atletik Renang


Cabang atletik renang merupakan salah satu cabang olahraga yang diminati banyak orang. Mulai dari anak-anak hingga dewasa menyukai bahkan menguasai beberapa teknik dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi pada olahraga ini.

Bahkan kini bayi pun sudah banyak yang diperkenalkan dengan olahraga yang diyakini dapat membuat postur tubuh menjadi tegap dan tinggi ini.

Menurut sejarah, olahraga renang konon sudah ada sejak zaman prasejarah. Hal itu dibuktikan dengan adanya beberapa literatur yang mengatakan hal itu. tapi ada juga yang mengatakan bahwa olahraga ini berasal dari Yunani kuno.

Dimana dulunya hanya segelintir orang di sana yang bisa melakukan olahraga ini. Atlet renang dari Indonesia sangat banyak, mereka bisa bertanding pada kejuaraan dunia. Renang juga menjadi olahraga yang paling di minati pada olimpiade musim panas.

Cabang atletik renang memiliki banyak variasi gaya. Inilah aneka gaya dalam cabang olahraga renang tersebut.

Gaya Bebas

IniĀ  adalah renang dengan gaya bebas atau tidak terpaku pada satu gaya. Pada gaya bebas ini wajah dan dada menghadap ke permukaan air. Gaya ini tentu berbeda dengan gaya lainnya seperti gaya kupu-kupu.

Gaya Punggung

Ini adalah kebalikan dari gaya bebas, dimana perenang menghadapkan punggunya ke air

Gaya Dada

Gaya ini serirng disebut juga dengan gaya katak, sebab gaya atau gerakannya meniru gerakan katak ketika berenang di dalam air. Unik bukan?

Gaya Kupu-Kupu

Ini adalah variasi dari gaya dada. Sejak tahun 1930-an gaya ini ditetapkan jadi gaya tersendiri dalaam cabang atletik renang. Diantara sekian banyak gaya, gaya ini konon yang paling sulit di pelajari, sehingga butuh konsentrasi khusus untuk bisa memakai gaya ini.

Empat gaya di atas adalah gaya dalam olahraga renang, sebagai tambahan agar bisa berang setidaknya membutuhkan media berupa kolam renang, dan peralatan berenang. Peralatan renang yang di pakai atlet tentu berbeda dengan renang biasa. Altet renang memakai kacamata renang dan baju khusus. Sedangkan renang biasa hanya butuh memakai celana pendek saja.

Itulah ulasan singkat mengenai cabang aatletik renang. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semuanya.

Selanjutnya : Adakah Contoh Ijtihad yang Dijadikan Hukum Pidana?
Sebelumnya: Apa Saja Kelebihan Corel Draw?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar