Berekspresi dengan Teknik Foto Objek Bergerak


Pernah memerhatikanhasil foto yang seolah dipotret ketika bergerak, namun hasilnya sangatlah jelas? Foto tersebut bisa dihasilkan menggunakan teknik foto objek bergerak alias panning. Teknik ini memberi kesan gerak pada latar belakangnya namun objek utama (objek fokusnya) tetap terlihat jelas. Latar belakang dalam objek fokus akan menjadi blur atau terkesan sedang bergerak.

Teknik Foto Objek Bergerak

Teknik panning tersebut dapat dipelajari, bahkan oleh pemula sekalipun walaupun memerlukan latihan yang berulang-ulang sehingga dapat menghasilkan foto yang bagus. Berikut beberapa tips yang dikutip dari adorama untuk teknik panning diantaranya:

1. Pilihlah shutter priority mode.
2. Aturlah shutter speed menjadi lebih lambat (slow speed) yaitu antara 1/10 hingga 1/40 sec. Tips: semakin cepat objek maka gunakan shutter speed yang lebih cepat.
3. Pada focus mode gunakan Continuous-servo Auto Focus karena objek yang kita bidik adalah benda yang bergerak.
4. Pada AF-Area mode atur pada Center Auto Focus Point / Single-point AF.

Setelah mengatur setelan kamera anda, maka lanjutkan dengan latihan memotret objek – objek bergerak. Idealnya carilah objek potret yang berada tepat di depan kamera. Sedikit tips lagi, carilah objek yang bergerak dari kiri ke kanan, atau sebaliknya alias objek bergerak secara horizontal. Karena teknik ini tidak akan menghasilkan foto yang jelas bila kita memotret objek yang mendekati posisi kita (dari arah depan) atau yang menjauhi kita.

Selanjutnya saat membidik objek bergerak yang kita inginkan, tekan shutter button dengan kekuatan setengah untuk memfokuskan objek saat masih belumtepat di depan kita. Kemudian ikuti pergerakan objek sesuai dengan arah pergerakan objek seirama dengan kecepatannya.

Ketika objek berada tepat di depan kamera tekan tombol shutter sepenuhnya. Selanjutnya cek hasil bidikan anda tersebut. Apakah anda telah puas dengan hasilnya? Belum? Maka ada baiknya anda coba lagi membidik objek lainnya.

Selain pengaturan kamera tersebut, diperlukan pula latihan yang memadai agar hasil foto memuaskan. Terkadang bagi pemula, objek foto yang dihasilkan masih terlihat kurang tajam (blur) pada objek fokusnya.

Hal tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh gerakan mendadak yang terjadi saat kita menekan tombol shutter. Sehingga menimbulkan goyangan pada kamera. Penasaran dengan hasilnya? Silahkan mencoba tips teknik foto objek bergerak yang telah anda baca tadi.

Selanjutnya : Perintah Zakat dalam Al-Quran
Sebelumnya: Teknik Pernapasan pada Teknik Lari Jarak Pendek
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar