Teknik Lari 1500 M


Teknik lari 1500 m  berbeda dengan  cara berlari jarak pendek (100 meter).  Perbedaan ini bisa dilihat dari cara start, posisi badan, gerakan tangan dan masih banyak lagi.

Teknik lari jarak menengah ini harus pandai mengatur strategi, misalnya mengatur langkah kaki, nafas dan kecepatan saat berlari.  Cabang olah raga atletik ini sering dilombakan pada event olahraga besar seperti Olimpiade, Asian Games, Sea Games dan lomba atletik dunia (IAAF).

Lari 1500 meter masuk dalam kategori lari jarak menengah,  atlet harus berlari mengelilingi lintasan sebanyak tiga kali, tanpa berhenti. Siapa yang paling cepat menyentuh garis finish itulah pemenangnya.

Selain itu juga setiap atlet harus mampu meraih waktu yang paling cepat. Berikut ini adalah teknik lari jarak menengah sesuai dengan peraturan Asosiasi Internasional Fedaeri Atletik (IAAF).

•    Posisi start

Posisi start untuk cabang lari jarak menengah cukup berdiri tapi posisi badan sedikit bungkuk, kepada mengarah ke depan. Sedangkan posisi kaki kanan di belakang, kaki kiri di depan.

•    Posisi badan

Begitu wasit memberi aba-aba siap, posisi badan membungkuk kira-kira 15 derajat, dan tangan siap mengayun.

•    Posisi tangan saat lari

Ayunan tangan saat lari, gerakannya rileks tak secepat pada lari jarak  pendek. Yang pasti fungsi ayunan tangan untuk keseimbangan badan.

•    Posisi kaki

Gaya berlari jarak 1500 meter, harus diatur dengan benar. Saat selepas start tak perlu berlari cepat, cukup lari biasa, tapi langkah kakinya harus constant, ketika sudah melewati 1000 meter pertama baru, kecepatan berlari dinaikan hingga mendekati garis finish.

Tips Latihan Lari  1500 Meter

Untuk memenangkan perlombaan ini perlu sering latihan keras dan melatih strategi.  Berikut ini sedikit tips latihan lari jarak menengah.

•    Pemanasan

Usahakan sebelum berlari,  langkah pertama adalah pemanasan dulu. Caranya dengan melakukan senam kecil, gerakan kaki, tangan dan pinggul.

•    Dimulai dari jarak pendek

Sebelum menempuh lari jarak menengah, sebaiknya berlatih lari jarak pendek dulu, misalnya dari jarak 100 meter kemudian dinaikan lagi jaraknya menjadi 500 meter dan terakhir 1500 meter.

Dalam sehari harus diulang sebanyak empat kali.  Demikianlah sedikit tentang  teknik lari 1500 m. Selamat berlatih.

Selanjutnya : MP3 Pop 80an Karya Deddy Dhukun
Sebelumnya: Beberapa Nama Perusahaan Asing Terbesar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar