Teknik Memfoto Blur


Teknik rekayasa foto saat ini sudah sangat banyak dan beraneka ragam. Tergantung pada kepentingan seseorang, gambar apa pun dapat direkayasa dan diperbaiki. Misalnya membuat efek foto kabur atau blur. Teknik memfoto blur digunakan untuk memperjelas satu objek saja dan mengaburkan objek lain yang ada di dalam gambar.

Membuat efek blur adalah teknik foto yang sudah kerap dilakukan oleh para fotografer atau para desainer grafis. Bila kamera yang digunakan cukup mendukung pengaturan fokus, maka efek blur bisa didapatkan dalam proses pemotretan langsung.

Tetapi, apabila kamera yang digunakan tidak mendukung untuk membuat efek blur pada objek saat pemotretan, maka dalam proses pengeditan di komputer, teknik blur bisa ditambahkan melalui program Adobe Photoshop. Ini jauh lebih gampang dilakukan. Sebab, gambar atau foto sudah ada dan Anda hanya tinggal mengubah objek yang hendak dibuat blur.

Kali ini, teknik blur foto yang akan dibahas adalah teknik yang memakai trik Filter Lens Blur pada software Photoshop. Trik ini cukup banyak dipakai dan berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti.

1.  Buka file foto yang hendak Anda edit. Caranya, klik menu File-Open. Klik foto yang Anda pilih, maka foto tersebut akan bernama layer background.

2.  Buat duplikat gambar tersebut dengan cara klik “layer background”, lalu “Ctrl+J”. Ini berarti Anda akan mengolah duplikat gambar dan gambar asli akan tetap utuh. Nama duplikatnya adalah layer 1.

3.  Olah layer 1 dengan meng-klik, lalu add “layer mask” yang ada di bawah layer palette. Klik bagian itu.

4.  Seleksi dengan lasso tool gambar yang menjadi bagian utama atau fokus.

5.  Klik select – modify – feather untuk efek transisi yang akan terjadi di daerah fokus yang telah Anda seleksi tadi, dengan area yang akan diblur. Tulis 60 pixels

6.  Klik “Shift+F5” dan isi dengan warna hitam atau black pada kotak isian.

7.  Klik pada “layer mask” di layer 1 dan klik “filter-blur-lens blur”. Atur pusat fokus gambar, klik bagian itu, lalu isi radius blur. 10 cukup untuk tingkat radius sedang.

8.  Rapikan kembali dengan brush tool untuk membuat efek blur terlihat lebih halus.

Nah, mudah bukan? Teknik memfoto blur itu dapat Anda lakukan sendiri dengan sering berlatih. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Pengertian Modem pada Komputer
Sebelumnya: Apa Fungsi Tombol pada Jam Tangan Puma?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar