Teknik Menggunakan Cat Minyak Lukis


Melukis di atas kanvas memerlukan kesabaran dan ketelitian dari sang pelukis. Tak heran bila lukisan di atas kanvas biasanya menjadi hiasan dinding di berbagai ruangan.

Sebagai pelengkap di ruang tamu di rumah, hiasan di rungan kelas, atau bahkan menjadi daya tarik tersendiri pada lobi sebuah penginapan atau hotel. Melukis memakai cat minyak lukis dapat dikatakan sebagai keahlian tersendiri atau tidak banyak orang yang menguasai teknik ini.

Hasil yang baik bisa saja diperoleh seseorang yang baru memulai melukis, namun harus disertai dengan kesabaran tingkat tinggi. Sebab, sekali salah goresan atau pewarnaan, hasil lukisan tidak akan optimal. Berikut ini cara melukis menggunakan cat minyak.

1. Pertama kali siapkan sejumlah keperluan melukis, semisal cat minyak, kanvas, kuas lukis, pensil, palet, penghapus, serta minyak khusus untuk cat minyak dan sebagainya.

2. Kemudian gambarlah sketsa lukisan yang hendak dibuat pada kanvas, tapi ingat jangan sampai terlalu tebal ukurannya. Bila terlalu tebal, maka memerlukan penanganan khusus nantinya, seperti menutupnya dengan warna cerah.

3. Sebaiknya memakai cat air dengan kualitas yang baik, contohya Marie’s oil colour.

4. Setelah selesai membuat sketsa lukisan, langkah selanjutnya, yakni mulai memilih warna yang akan dipakai. Kalau membutuhkan warna gabungan, maka sebaiknya mencampur warna dengan hati-hati.

Lebih sempurna menggunakan beberapa palet untuk pencampuran. Pisahkan warna cerah dengan gelap pada palet berbeda agar mudah dalam mengatur pencampuran warna nantinya.

5. Pandai memanfaatkan jenis-jenis kuas agar lukisan menjadi bagus. Seperti kuas berujung runcing untuk penggambaran yang detail atau pinggiran sebuah objek. Sementara itu, kuas berujung kotak dipakai untuk mewarnai blok gambar.

6. Bagi para pemula sebaiknya tidak takut atau segan-segan untuk melukiskan cat minyak pada kanvas, sebab apabila terjadi kesalahan bisa ditutupi dengan warna lain di atasnya.

7. Melukislah di tempat yang nyaman, cahaya tercukupi dan udara yang segar. Sebab cat minyak mempunyai bau tertentu, bila ruangan tertutup dapat menyebabkan bau yang cukup kuat di hidung.

Demikian sedikit uraian mengenai tips menggambar memakai cat minyak di atas kanvas. Semoga penyampaian cat minyak lukis ini menambah pengetahuan seni para pembaca. Selamat mencoba.

Selanjutnya : Tugas dan Peranan Pajak Sebagai Sumber Utama Kas Negara
Sebelumnya: Sejarah Film Naruto dan Ending Cerita Naruto Shippunden
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar