Dasar-Dasar Teknik Merajut


Merajut adalah sebuah pekerjaan yang memerlukan keterampilan tangan dan kesabaran yang tinggi. Untaian benang disambung dan dirangkai serta dikaitkan hingga membentuk lembaran kain rajut, lantas dibentuk menjadi syal, sweater, atau topi serta berbagai jenis benda lain yang indah. Karena itu tak banyak orang yang mau mempelajari teknik merajut yang memang cukup rumit.

Namun untuk sebagian orang, pekerjaan merajut adalah suatu tantangan dan hobi yang mengasyikkan. Di tangan orang-orang ini dapat lahir berbagai jenis kerajinan tangan yang bernilai guna serta bernilai seni. Karya rajutan mereka dihargai mahal sebab butuh waktu lama dan ketekunan untuk menyelesaikannya.

Bahan yang umumnya dibutuhkan untuk mulai membuat rajutan adalah satu buah stick yang lebih dikenal di Indonesia sebagai hakpen. Bahasa Inggrisnya adalah crochet stick. Lalu benang rajut dengan berbagai warna sesuai kebutuhan.

Teknik dasar yang perlu Anda latih untuk mahir merajut adalah:

1.    Cara mengaitkan benang rajut dengan benar dan cepat ke hakpen atau stick
2.    Cara memasukkan stick ke dalam lilitan benang
3.    Cara menarik stick yang sudah terkait dengan benang keluar dari rantai rajutan.

Nah, untuk pemula ini adalah hal yang perlu selalu dilatih berkali-kali hingga Anda mahir memasukkan stick, menarik stick dan mengait benang dengan lancar bahkan tanpa melihat lagi ke arah stick di tangan Anda.

Biasanya pemula akan belajar membuat sebuah rantai sederhana saja untuk melancarkan tangan mereka memegang stick. Ini perlu dilakukan hingga mahir, sebelum mulai merangkai rantai demi rantai dan menghasilkan selembar rajutan yang indah.
Cara memegang stick yang benar mirip seperti Anda memegang pensil, namun itu tergantung kenyamanan Anda masing-masing.

Cara membuat rantai sederhana atau chain:

1.    Simpulkan ujung benang seperti hendak mengikat tali, namun jangan erat-erat agar dapat dimasuki oleh stick.
2.    Stick di tangan kanan dan ujung benang dipegang tangan kiri.
3.    Lilitkan stick sekali pada benang yang menjulur, lalu kait dan tarik melewati tengah simpul benang tadi. Jangan terlalu keras dan ketat menariknya agar bentuk rantai rapi.

Lakukan terus hingga sebuah rantai panjang terbentuk, dan tangan Anda lemas. Nah, dasar teknik merajut ini akan lebih mudah lagi Anda pelajari dengan bimbingan seorang tutor. Anda pun dapat berkonsultasi bila menemui kesulitan saat sedang merajut. Selamat merajut.

Selanjutnya : Kamus Translate Bahasa Sunda
Sebelumnya: Etika Cara Orang Tua Mendidik Anak Menurut Islam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar