Teknik Pelaksanaan Kegiatan Pentas Seni di Sekolah


Sebelum melaksanakan acara pentas seni, haruslah tahu terlebih dahulu teknik pelaksanaan kegiatan pentas seni, karena acara ini meskipun terkesan mudah, tapi sebenarnya membutuhkan kerja ekstra, terutama dalam teknik pelaksanaannya.

Pentas Seni Sekolah

Kegiatan pentas seni biasanya sering diadakan di sekolah-sekolah, baik itu SD, SMP, atau SMA. Acara ini menampilkan aneka pertunjukan seni, baik itu seni musik, gerak, atau teater yang dilaksanakan oleh siswa.

Untuk mempersiapkan pentas seni ini haruslah ada beberapa hal yang harus disiapkan, dan untuk yang pertama adalah dibentuknya kepanitiaan. Apa manfaat kepanitiaan ini? Dan apa saja tugas panitia pentas seni?

Manfaat adanya panitia adalah memudahkan dalam pembagian kerja, misal A mengurusi perlengkapan pentas seni, B mengurusi dokumentasi, dan lain sebagainya. Pembagian tugas kepanitiaan haruslah kepada orang yang memang kapabel dan berdedikasi tinggi, karena jika tidak, maka nantinya justru akan menghambat kerja tim dalam pelaksanaan pentas seni.

Selain kepanitiaan, lalu apalagi yang harus dilakukan dalam pelaksanaan teknis pentas seni?

Waktu, Tempat, Pengisi Acara Pentas Seni

Setelah kepanitiaan terbentuk, segera tentukan di mana, kapan, serta siapa saja pengisi acara pentas seni. Biasanya untuk menghemat biaya, tempat dilaksanakan di aula atau lapangan sekolah, untuk waktunya biasanya dipilih Sabtu malam atau hari libur agar tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar.
Untuk pengisi acara pentas seni, bagi yang pelaksanaannya dengan dana terbatas, bisa membuka pendaftaran pengisi acara dari perwakilan tiap kelas, dan bisa juga bekerja sama dengan guru kesenian dalam memilih pengisi acara untuk pentas seni.

Pendanaan Pentas Seni

Bagi bendahara acara pun harus seseorang yang terampil mengatur keuangan. Jangan sampai ada kebocoran dan pemborosan dana karena tidak adanya kecermatan dalam mengatur pengeluaran dan pemasukan dana pentas seni. Bendahara juga harus membuat rancangan penganggaran dana untuk pentas seni, agar tahu berapa total pengeluarannya nantinya, apakah defisit atau tidak.

Untuk menambah pemasukan dana, bisa dibuat proposal pentas seni yang nantinya dapat diajukan ke perusahaan-perusahaan atau ke kantor pemerintahan atau kantor dinas seperti dinas pendidikan.

Teknik Pelaksanaan Kegiatan Pentas Seni

Untuk mengatur teknik pelaksanaan pentas seni nantinya, diperlukan juga MC (Master of Ceremony), pilih MC yang sudah terlatih, berani berbicara di depan banyak, bisa menyusun acara dengan menarik, dan bisa mengisi kekosongan di tengah-tengah acara.

Demikian uraian singkat tentang teknik pelaksanaan kegiatan pentas seni di sekolah, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Teknik Penulisan Laporan Penelitian
Sebelumnya: Teknik Modifikasi Tingkah Laku
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar