Teknik Pembuatan Kolam Terpal untuk Ikan Gurame


Dengan mempelajari teknik pembuatan kolam terpal untuk ikan gurame, maka siapa saja bisa beternak ikan walau tidak mempunyai tanah yang luas. Yang pertama dilakukan adalah mengetahui bagaimana langkah pembuatan kolam terpal. Biaya yang dibutuhkan tentu saja bergantung pada siapa yang akan membuat kolam dan berapa harga terpal, dan biaya pembelian ikan.

Rata-rata Biaya yang Dikeluarkan

Bila menggali tanah sendiri, maka biaya yang dikeluarkan sangat minim. Ukuran galian tanah sebaiknya sedalam 90 cm. Luasnya bisa disesuaikan. Kalaupun hanya 2-3 meter persegi, tidak menjadi masalah. Asalkan perbandingan jumlah ikan yang dimasukkan sesuai.

Biasanya untuk per meter perseginya, bibit yang dimasukan tidak lebih dari 10 ekor. Ikan gurame itu akan lebih nikmat dimakan kalau ukurannya agak lebih besar ketika dipanen, sekira 7 ons atau 1 kg. Untuk itu, ikan ini membutuhkan ruang gerak yang lebih besar dari ikan lele.

Bisa jadi modal yang dikeluarkan paling hanya 100 ribu rupiah. Itu pun bisa kurang. Harga terpal tidak terlalu tinggi. Harga bibit ikan gurame pun tidak mahal. Hanya bergantung pada ukuran. Kalau ingin menikmati memeliharanya, pilih yang ukuran kecil, misalnya ukuran 2 cm, harganya hanya 300 rupiah per ekornya.

Setelah tanah digali, masukan terpal yang sudah dicuci sebelumnya. Perlu diketahui bahwa terpal itu mengandung zat kimia. Cobalah cium. Pasti akan ada bau khas terpal. Sayang kalau ikan gurame mati gara-gara air kolam terkontaminasi zat kimia pewarna terpal. Kalau sudah, isi air secukupnya.

Cek dahulu ph air. Ada baiknya benih ikan tidak langsung dimasukkan. Tunggu hingga satu hari. Bila perlu masukan seekor gurame sebagai percobaan.

Perawatan Kolam

Ikan gurame itu membutuhkan air yang bersih. Untuk itu, kolam perlu dibersihkan. Tekniknya bisa dengan mengalirkan air yang kotor lalu diganti dengan air bersih atau kotorannya disedot. Jangan terlalu banyak memberi makan ikan gurame. Makanan pelet ini bisa membuat air kolam cepat kotor kalau berlebihan.

Beri makan secara teratur dengan takaran sesuai dengan jumlah ikan. Masa panen ikan gurame 6-7 bulan sesuai dengan ukuran anakan yang ditebarkan. Bila teknik pembuatan kolam terpal untuk ikan gurame diikuti, hasilnya biasanya memuaskan.

Selanjutnya : Kegiatan Yang Dilakukan Sebelum Melakukan Shalat Jumat
Sebelumnya: Mengenal Contoh Bilangan Romawi Dalam Bab Buku
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar