Teknik Tinju Mike Tyson dan Ellyas Pical


Mike Tyson, siapa yang tidak kenal petinju yang satu ini. Ia lahir di New York City, Amerika Serikat pada  30 Juni 1966. Ia berhasil meraih berbagi gelar juara tinju dunia kelas berat.

Teknik tinju Mike Tyson yang yang diasah pelatihnya menjadikan ia seorang petinju yang ditakuti oleh lawan-lawannya. Badannya yang pendek tidak menjadi halangan bagi Mike untuk menjuarai tinju kelasa berat dengan petinju yang badannya lebih tinggi.

Dalam mengalahkan lawannya Mike hampir selalu mengalahkan lawannya dalam ronde-ronde awal. Banyak lawan yang ia tumbangkan dalam ronde pertama.

Teknik tinju yang diasah pelatihnya memang sangatlah hebat. Ia tidak perlu berlama-lama di ring. Pukulan hook merupakan pukulan yang paling menjadi andalannya.

Pukulan hook Mike Tyson sangat ditakuti lawannya. Kombinasi pukulan hook kiri dan kanan Mike sangat sering mengKO lawannya pada ronde pertama.

Senjata Andalan Tyson ini sangat susah ditangkal oleh lawan-lawannya hook yang keras dengaan kombinasi jab menjadi Tyson susah ditandingi.

Pukulan hook ini dalam dunia tinju dikenal dengan pukulan mengait bisa dilakukan oleh tangan kiri dan juga bisa dilakukan dengan tangan kanan.

Sebelum melancarkan hook-hooknya biasanya ia memulai dengan pukulan-pukulan jab sebagai pukulan pembuka. Seperti telah banyak dikenal petinju pukulan jab merupakan pukulan pembuka yang memancing pertahanan lawan.

Pukulan jab ini biasanya tidak terlalu keras dan mematikan karena hanyalah sebuah pancingan yang nantinya dikombinasikan dengan pukulan-pukulan lain seperti straight dan hook dan uppercut.

Di Indonesia sendiri petinju yang sangat terkenal dengan hooknya adalah Elyas Pical. Petinju kebanggan Indonesia ini memiliki pukulan hook kiri yang sangat mematikan sama seperti Mike Tyson. Elyas sering menjatuhkan lawannya di ring dengan pukulan andalannya tersebut.

Mike Tyson dan Elyas Pical mungkin hanya salah satu dari banyak petinju yang mempunyai teknik tinju yang mengesankan. Teknik tinju Mike Tyson didapat dari latihan bersama pelatih-pelatihnya.

Teknik tinjunya tidak didapat begitu saja. Dalam masa kejayaan Mike Tyson hampir tidak ada orang yang bisa mengalahkannya kecuali dirinya sendiri.

Kekalahannya dari Hollyfield merupakan salah satu bentuk frustasi Tyson karena tidak bisa mengalahkan lawannya ia menggigit telinga lawanya tersebut.

Selanjutnya : Menjalankan Motto Kesuksesan
Sebelumnya: Pengetahuan Dasar Belajar PHP Sendiri
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar