Teknik Vokal Menyanyi bagi Pemula


Menyanyi merupakan hal yang biasa dilakukan oleh setiap orang, baik ketika sendiri, bersama teman-teman, bahkan ketika berada di atas panggung untuk dilihat semua orang. Untuk seorang yang ingin menjadi penyanyi profesional, tentu dibutuhkan teknik vokal menyanyi bagi pemula agar latihan menjadi benar-benar fokus dan hasil yang diterima pun bisa maksimal nantinya.

Menyanyi

Sebagian orang mungkin bisa menjadi terkenal karena bakat yang dimiliki sebagai seorang penyanyi, namun tidak menutup kemungkinan jika Anda pun menjadi terkenal berkat kegigihan dalam berlatih mengasah minat dan bakat yang ada. Latihan dengan intens akan membuat Anda terbiasa melakukan teknik vokal menyenyi sehingga suara tidak sumbang dan tidak pengap ketika menarik suara.

Pernapasan dalam berbagai bentuk dinilai sebagai hal utama yang memengaruhi kualitas suara. Pernapasan perut, misalnya, pernapasan yang diambil dengan menggunakan bagian perut sehingga perut akan terlihat kembung dianggap sebagai jenis pernapasan yang paling baik dibandingkan pernapasan lainnya. Hal ini disebbakan oleh tekanan yang ada jauh lebih rendah pada saat Anda melakukan teknik pernapasan perut dibandingkan pernapasan dada sehingga Anda tidak akan merasa tersedak atau pengap saat mengambil suara.

Teknik yang kedua yang harus dipelajari oleh orang yang ingin menyanyi dengan suara yang baik adalah artikulasi, yakni pengucapan atau pelafalan kata atau huruf secara jelas. Hal ini perlu dilakukan agar jalan napas menjadi benar serta membuat lagu yang dinyanyikan terdengar indah dan enak didengar. Teknik ini bisa dilakukan dengan mengeluarkan bunyi huruf vokal, konsonan, dan nasal dalam satu tarikan napas.

Teknik selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengolah intonasi atau tinggi rendahnyan ada yang mesti dicapai supaya tidak terjadi slek pernapasan atau artikulasi yang salah saat bernyanyi. Setelah ketiga teknik tersebut berhasil dikuasai, Anda bisa melakukan latihan tempo agar teknik menyanyi menjadi lebih baik.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat menyanyi atau berlatih teknik vokal menyanyi bagi pemula adalah sikap tubuh yang baik, kesehatan dan stamina tubuh, serta perkakas atau media yang digunakan dalam berlatih. Semua bisa Anda lakukan di rumah tanpa harus datang ke tempat les vokal.

Selanjutnya : Kata-kata Jawa Bermakna Baik
Sebelumnya: Langkah Mudah Membuat Teropong Sederhana
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar