Teknologi Pengamanan Anti Maling Untuk Mobil Anda


Sudah bukan rahasia umum bahwa kendaraan-kendaraan yang sehari-hari kita pakai menjadi incaran para pencuri, dan menunggu saat-saat kita lengah untuk mencurinya. Pengamanan yang paling umum digunakan adalah pemakaian alarm dan kunci stir namun itu tidak menjamin bahwa kendaraan kita tidak akan dicuri.

Itulah yang membuat para pengembang kendaraan juga mengembangkan sistem keamanan kendaraan yang digunakan, sehingga para konsumen tidak merasa was-was saat meninggalkan kendaraannya. Apa saja sih teknologi sistem keamanan kendaraan saat ini, berikut kami merangkumnya untuk Anda:

1. Kunci Electronik

Immobilizer key mungkin merupakan teknologi yang canggih yang dimiliki sebuah mobil abad ini.Teknologi yang memasang perangkat elektronik kedalam kunci dan kendaraan, sehingga tidak bisa dibuka dengan sembarang kunci. Cara inilah yang sangat berhasil hingga kini untuk pengamanan terbaik kendaraan.

Cara kerja kunci ini yakni dengan microchip yang telah berisi perintah semacam password tertentu yang hanya dimiliki oleh kunci tersebut, untuk dapat menyalahkan mobil. Perintah yang dilakukan yakni dengan cara mengirimkan gelembang elektronik kunci ke ECU (electronic Control Unit), ECU kemudian mengenali kode yang valid yang kemudiaan memberikan perintah ke mesin untuk menyala.

2. Jok Mobil Anti Maling

Jok mobil anti maling merupakan hasil dari penelitian Institut teknologi di Tokyo, Jepang. Benar-benar jenius, mungkin itulah gambaran pertama kali dengan teknologi ini. Dalam penelitian itu terciptalah sebuah kursi mobil yang dapat mendeteksi pengemudi setelah mereka duduk. Tentu saja, teknologi ini dapat menangkap basah sang pencuri yang tidak sadar bahwa jok tersebut telah dilengkapi dengan alat khusus.

Jok ini dilengkapi dengan 360 sensor yang mampu mengukur tekanan manusia saat mendudukinya. Setiap bagian sensor mampu mengirimkan informasi, yang dapat menghitung dan mengetahui pengemudi yang sebenarnya melalui tekanan yang diduduki, dan kontak badan pada jok mobil.

Menurut para peneliti jok ini dapat mendeteksi dengan akurat hingga 98 persen. Itulah yang membuat para peneliti sangat yakin bahwa apabila sistem dapat bekerja dengan benar, dipastikan mustahil sistem keamanan ini dapat ditembus.

3. GPS Anti Maling

Teknologi yang mengabungkan antara sistem GPS dan GSM (kartu telepon) sehingga Anda dapat mengontrol, memantau dan melacak kendaraan Anda kapan saja dan dimana saja.

Cara kerja teknologi ini sama halnya dengan GPS, yang memungkinkan mendeteksi lokasi mobil melalui satelit. Informasi keberadaan mobil dapat Anda lacak melalui HP dan komputer Anda. Juga dapat melalui PDA, dan peta pendeteksi koordinat lainnya.

Dengan pengabungan GSM dan GPS ini Anda dapat mengontrol dan mengetahui kondisi kendaraan melalu HP. Salah satu contoh Anda dapat mematikan kendaraan Anda melalui HP bahkan dapat mendengar pembicaraan di dalam mobil (sadap).

Teknologi ini sering digunakan untuk kendaraan-kendaraan pribadi, rental mobil, mobil distribusi, kendaraan kargo dan mobil-mobil yang harus memiliki pengamanan khusus.

4.  Anti Starting

Mungkin ini merupakan cara manual yakni dengan memutuskan arus listrik yang terhubung dengan kunci kontak. Cara ini memang terbukti sangat efektif karena cara mengidupkan kendaraan dapat melalui apa saja, tergantung keinginan Anda sendiri.

Biasanya sistem Anti Starting berbentuk saklar on/off yang diletakan ditempat yang paling tersembunyi, namun ada juga dengan menghubungkan pada aksesoris-aksesoris yang ada pada kendaraan seperti pedal rem, lampu dan masih banyak lagi.

5. Kunci Stang/ Kemudi

Mungkin ini adalah cara yang paling sederhana dan tidak memakan biaya yang mahal untuk pengamanan mobil Anda. Mungkin yang harus diperhatikan adalah kunci stang yang benar-benar original, karena setiap kunci stang memiliki kualitas yang berbeda. Carilah kunci stang yang menggunakan kunci khusus dan berbeda dipasaran. Cara ini dimaksudkan untuk menghindari kecurangan yang dilakukan pencuri untuk melakukan pencurian.

6. Alarm Kendaraan

Salah satu barang wajib yang harus ada pada kendaraan Anda. Alarm kendaraan yang baik dapat memberikan peringatan kepada si pemilik. Biasanya kendaraan dapat merespon semua gerakan berupa getaran dan sentuhan yang ada pada kendaraan. Sistem ini memang tergolong sangat berhasil untuk pengamanan tambahan sebuah kendaraan.

Sistem keamananan merupakan bagian paling vital dari suatu kendaraan, dengan sistem keamanan yang terjamin para pemilik kendaraan tidak akan merasa was-was saat meninggalkan mobilnya di suatu tempat. Sistem keamanan yang baik adalah sistem yang mampu menjaga kendaraan benar-benar aman saat ditinggalkan. Kini tidak hanya teknologi yang pintar,namun modus pencurian pun juga tidak kalah pintar, anda juga dituntut untuk selalu waspada setiap saat. Apabila mobil anda hanya menggunakan  pengamanan seadanya, pastikan kunci stir, alarm dan pengamanan lainya berjalan baik. Dan pastiakan bahwa kendaraan anda memiliki ansurasi, untuk berjaga-jaga untuk keadaan yang tidak terduga sebelumnya.  Semoga dengan informasi ini anda dapat memilih teknologi yang benar-benar aman untuk kendaraan anda. Terima kasih telah membaca.

Selanjutnya : Suami yang Berbagi Pekerjaan Rumah Tangga
Sebelumnya: Tipe-Tipe Wanita yang Dijauhi Pria
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar