Teknologi Industri Pertanian IPB, Program Studi Menjanjikan


IPB atau yang sering kita kenal dengan Institut Pertanian Bogor ini merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang cukup ternama. Meskipun basic kurikulumnya adalah pertanian, tidak membuat kampus ini dijauhi oleh peminatnya.

Sebagai kampus yang sudah mempunyai nama, IPB mempunyai beberapa jurusan yang menjadi primadona, salah satunya adalah program studi teknologi industri pertanian IPB. Bahkan menurut sebuah sumber, program studi ini termasuk kedalam 7 daftar jurusan yang paling diminati di IPB.

Program studi ini selanjutnya disingkat dengan TIN. TIN yang didirikan pada tahun 1981 ini sesungguhnya merupakan anak cabang dari fakultas teknik pertanian. Bedanya dengan teknik pertanian, TIN lebih berfokus kepada hal-hal yang berkaitan dengan pasca panen, pengelolaan hasil panen yang meliputi pengemasan produk, atau membuat suatu produk pertanian memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

TIN ini dituntut untuk menjawab berbagai tantangan yang meragukan, misalnya tentang apakah industri  pertanian di Indonesia akan dapat meningkatkan kualitas produknya hingga mampu bersaing kuat dalam pasar global. Oleh karena itu, untuk menjawab tantangan tersebut TIN pun melebarkan sayapnya.

Pada tahun 1990, program magister untuk TIN pun dibuka. Tentu saja tugas-tugas yang harus diemban oleh magister ini tarafnya lebih berat daripada adik mereka yang duduk di S1. Mahasiswa magister harus mampu menganalisa dan merancang suatu penelitian guna mencari permasalahan seputar industri pertanian dan memberikan solusi menurut pemikiran akademik.

Selain itu, mahasiswa TIN baik yang mengambil program studi magister maupun S1, dituntut untuk selalu mempertimbangkan aspek lingkungan, sehingga mereka mengenal prinsip untuk selalu membuat suatu produk industri pertanian sebagai ‘produk bersih’. Yang dimaksud dengan ‘produk bersih’ adalah bahwa dalam proses pembuatannya, produk tersebut tidak mencemari lingkungan.

Teknologi industri pertanian IPB merupakan salah satu dari ratusan pilihan pendidikan di bangku perkuliahan. Jurusan ini sesuai untuk siapa saja yang tertarik di bidang pertanian. Memilih jurusan dalam bangku kuliah ini sebaiknya disesuaikan dengan minat masing-masing individu. Karena sesungguhnya mempelajari sesuatu yang menjadi minat kita akan lebih terlihat manfaatnya, daripada sesuatu yang kita terpaksa menjalaninya.

Selanjutnya : Pentingnya Cerita Seri Bergambar Anak Paud
Sebelumnya: Cara Mudah Download Film Gratis dari Youtube
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar