Teknologi Tepat Guna Pengertian untuk Masyarakat


Teknologi tepat guna pengertian adalah teknologi yang digunakan secara tepat guna atau sesuai. Saat ini perkembangan teknologi tidak bisa dielakkan lagi. Zaman kompoterisasi telah menyulap masyarakat menjadi melek teknologi. Mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangannya. Hanya saja, secanggih teknologinya tetap kita harus bijaksana dalam menggunakannya secara tepat.

Teknologi Tepat Guna

Ada yang berpandangan jika teknologi yang tepat guna itu merupakan teknologi yang sudah dikembangkan dengan pendekatan tradisional dan sederhana. Proses pengenalan teknologinya banyak ditentukan oleh lingkungan serta mata pancaharian masyarakat. Sebagai teknologi yang tepat guna, tentu saja teknologi ini memiliki kriteria sebagai berikut:

• Teknologi tersebut bisa digunakan oleh sumber-sumber yang tersedia di banyak tempat.
• Teknologi yang diterapkan sesuai atau cocok dengan kondisi ekonomi dan sosial masyarakat yang berlaku.
• Teknologi yang digunakan bisa memecahkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat.
• Teknologi yang ada tidak hanya sekadar bersemanyam di kepala saja, tetapi bisa digunakan dengan maksimal.

Satu hal yang harus diperhatikan terkait dengan penggunaan teknologi yang tepat guna ini, yaitu tidak boleh dipaksakan untuk tempat atau kondisi masyarakat yang tidak memerlukan pemecahan masalah dengan teknologi. Teknologi yang sesuai di sebuah daerah belum tentu juga sesuai di daerah yang lainnya.

Lalu apa ciri-ciri dari teknologi yang tepat guna itu? Teknologi yang tepat guna tentu saja harus bisa memberikan sumbangsih yang positif dan membangun bagi masyarakat. Berikut beberapa ciri dari teknologi yang tepat guna atau teknologi yang berguna bagi pengembangan masyarakat.

• Teknologi yang tepat guna ini berfungsi sebagai perbaikan teknologi tradisional. Teknologi tradisional yang menjadi tulang punggung masyarakat di sektor pertanian, industri, transportasi, pengubah energi, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat bisa dibenahi supaya bisa berfungsi optimal.

• Teknologi yang tepat guna itu hanya memerlukan biaya investasi yang rendah atau relatif murah dan terjangkau.

• Teknologi yang digunakan secara teknik bisa dioperaskan dengan mudah, sederhana supaya bisa menunjang keterampilan masyarakat setempat.

• Dengan teknologi yang tepat guna, masyarakat bisa mengenal dan sanggup mengatasi lingkungannya.

• Teknologi yang digunakan bisa memberdayakan sumber alam dan energi.

• Teknologi menjadi sebuah alat bagi masyarakat untuk meminimalkan rasa ketergantungan dengan pihak luar.

Itulah beberapa hal penting yang terkait dengan teknologi tepat guna bagi masyarakat. Teknologi tepat guna pengertiannya sebagai alat yang bisa memberdayakan masyarakat ini perlu ditingkatkan penggunaannya supaya bisa menciptakan kemajuan dalam pembangunan masyarakat.

Selanjutnya : Berkenalan dengan Ciri-ciri Tumbuhan Dikotil Belimbing
Sebelumnya: Teknik-teknik Melukis untuk Anak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar