Contoh Teks Ceramah tentang Mengingat Kematian


Kematian hukumnya pasti. Siapa pun yang hidup pasti akan menemui kematian. Berikut adalah contoh teks ceramah tentang mengingat kematian.

Teks tentang Kematian

Islam adalah agama yang selalu mengajarkan tauhid yakni bahwa setiap manusia yang hidup di dunia ini senantiasa dianjurkan dan diajak untuk selalu menyembah Allah Swt. Kita semua telah banyak menemukan berbagai literatur maupun teks yang berisi tentang bagaimana seharusnya manusia hidup dan mati.

Saat ini, manusia lebih disibukkan dengan urusan duniawi atau kehidupan semata tanpa pernah mempertimbangkan atau mengingat bahwa masih ada tahapan lain yang harus dilalui setelahnya, yaitu kematian. Seperti yang diriwayatkan oleh

a

Kematian merupakan satu pintu atau awal bagi sebuah kehidupan baru yang akan jauh berbeda dengan apa yang kita alami di dunia. Jika kita saat ini hidup di dunia yang fana atau tidak kekal, maka berbeda dengan apa yang akan kita temui di akhirat kelak setelah kita mati.

Di sana, kita akan hidup kekal dan kita akan ditempatkan di tempat di mana kita seharusnya tinggal berdasarkan amal ibadah yang telah kita lakukan selama hidup di dunia. Kematian pasti datang meskipun kita tidak pernah tahu kapan dan dimana karena semua itu adalah rahasia Allah Swt.

Dengan mengingat kematian, maka kita selalu diingatkan untuk senantiasa berbuat baik, menjauhi perbuatan maksiat, kita akan menjadi lebih sabar ketika menghadapi berbagai cobaan di dunia, selalu rendah hati serta tidak sombong dan akan senatiasa ingat kewajiban kita untuk beribadah dan bertaubat.

Pada dasarnya, setiap manusia menginginkan dirinya mati dalam keadaan khusnul khotimah, tetapi sayangnya banyak di antara mereka yang enggan untuk mengingat Tuhan, yakni Allah Swt. Mereka lebih sibuk untuk mengurusi kebutuhan duniawi mereka yang fana tanpa pernah menggubris kebutuhan untuk hidup kekal kelak setelah datangnya kematian.

Rasul juga pernah bersabda bahwasannya manusia harus memperbanyak mengungat kematian karena hal itu akan dapat membersihkan dosa dan menjadikan Zuhud di dunia. Setiap manusia tuidak akan dapat lari dari kematian karena itu adalah hal yang sudah pasti datangnya. Dengan begitu, marilah kita perbanyak dzikir, taubat serta jauhi segala apa yang dilarang oleh agama.

Itulah salah satu contoh teks ceramah tentang mengingat kematian.

Selanjutnya : Makna Kata-Kata Mutiara Dari Luar Lembut Dari Dalam Tidak
Sebelumnya: Berkenalan dengan Ciri-ciri Tumbuhan Dikotil Belimbing
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar