Teks Dakwah Islam Tentang Menutup Aurat Bagi Kaum Muslim


Teks dakwah islam banyak disajikan di berbagai media, buku-buku, bahkan brosur. Menariknya teks tersebut ditulis dari berbagai kalangan islam maupun non islam. Dakwah yang dibahas dalam berbagai media tersebut membahas banyak hal.

Mulai dari kehidupan sebelum dilahirkan ke dunia sampai kehidupan setelah kematian. Namun saat ini muncul berbagai teknik untuk berdakwah seperti melaui jejaring sosial, dakwah islam online, sampai dakwah menggunakan video call.

Perkembangan teknologi ini memberikan kemudahan mengakses informasi. Dakwah islam era ini sudah menggunakan metode modern tidak hanya terbatas pada ceramah-ceramah di masjid atau pengajian saja.

Berbagai event besar pun dapat dijadikan ajang dakwah pula. Kreativitas mengembangkan syiar islam saat ini dilakukan dengan berbagai cara namun tetap berada pada zona islam yang hakiki.

Sebuah contoh teks dakwah islam adalah tentang menutup aurat bagi laki-laki dan perempuan. Islam dengan tegas sudah menetapkan batasan aurat bagi laki-laki dan perempuan.

Untuk laki-laki menurut islam batas auratnya adalah menggunakan pakaian sopan terutama dari pusar sampai lutut. Untuk wanita diwajibkan menutup seluruh badannya kecuali telapak tangan dan wajah.

Zaman modern saat ini ketentuan agama sering dikesampingkan. Akibatnya pergaulan antara laki-laki dan perempuan banyak yang kebablasan karena tidak didasari iman dan agama. Untuk mencegah perilaku tidak terhormat tersebut islam sudah menetapkan aturan menutup aurat bagi perempuan.

Sebagaimana ayat Al Qur’an telah menegaskan menutup aurat untuk perempuan.

Teks Dakwah Islam

Sangat jelas sekali bahwa kaum perempuan mukmin telah diperintahkan menutup auratnya dengan berjilbab. Jilbab yang dimaksud adalah baju kurung dengan kerudung yang longgar agar menutupi kepala sampai ke dada. Perempuan memang memiliki perhiasan untuk dijaga sebaik-baiknya.

Dengan menutup aurat sesuai syariat maka perempuan tidak akan mudah diganggu di depan umum. Bahlan saat ini jilbab atau hijab sudah banyak dikembangkan dengan berbagai model.

Memakai jilbab bukan sebuah trend belaka tetapi memang sebuah keharusan bagi kaum muslim. Mengenakan jilbab  namun tetap modis sekarang banyak dilakukan oleh muslimah-muslimah. Akan tetapi jilbab yang dikenakan juga harus sesuai dengan kaidah islam. Tidak lantas berjilbab namun bajunya sangat ketat.

Rasulullah SAW juga bersadba bahwa perempuan yang tidak menutup auratnya di depan laki-laki yang bukan muhrimnya maka Allah akan mengelupaskan kulit tubuh perempuan itu.

Naudzubillah min dzalik. Semoga teks dakwah islam  ini bisa menginspirasi kita dan menjadikan kita mukmin yang senantiasa dirahmati Allah.

Selanjutnya : Kunyit Sebagai Pengawet Berbagai Makanan
Sebelumnya: Ulasan Kumpulan Penyakit Ayam Potong
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar