Teladan dari Sahabat Nabi

Teladan dari sahabat nabi patut kita contoh dan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena para sahabat nabi adalah orang-orang yang mengetahui dan bertemu secara langsung dengan sang Nabi besar Muhammad shallallahu ’alaihi wa sallam.

Sahabat Nabi

Loading...

Rasa cinta yang dimiliki oleh para sahabat tentulah jauh lebih besar dibandingkan dengan manusia lain yang belum pernah berjumpa dengan Beliau sang nabi sehingga tak mengherankan jika mereka rela melakukan apa saja demi menjaga keselamatan Nabi. Teladan dari sahabat nabi yang bisa kita contoh, diantaranya adalah :

1.Abu Bakar al-Shiddiq, yang merupakan sahabat Nabi yang pertamakali menjadi pemimpin islam sepeninggalan sang Nabi. Selain itu, putrinya menjadi salah satu istri Nabi Muhammad.

Dia juga termasuk sahabat yang dijamin menjadi penghuni surga. Dia adalah pemimpin dermawan, berjiwa besar, rendah hati, sabar, pemberani, dan yang sangat gigih dalam memperjuangkan agama Islam, dan sangat gigih dalam memperjuangkan agama Islam.

2. Ali bin Abi Tholib, yang merupakan sahabat sekaligus menantu dari Nabi Muhammad. Dia juga termasuk sahabat yang dijamin masuk surga. Dia seorang pemimpin yang gagah berani, jujur, amanah, zuhud, taqwa kepada Allah, tidak sombong, tidak suka hidup bermewah-mewah, empati dengan rakyatnya, suka menolong, dan masih banyak sifat keteladanan lainnya.

3. Umar Bin Khattab, merupakan salah satu sahabat yang dijamin masuk surga. Dia adalah seorang pemimpin yang sangat pemberani, berwibawa, zuhud, selalu menepati janji, tawaddu’, peduli dengan rakyatnya, dan masih banyak sifat baik lainnya.

4. Utsman bin Affan, juga merupakan salah satu sahabat yang dijamin masuk surga. Dialah pemilik gelar Dzunnurrain, yang artinya pemilik dua cahaya. Dia adalah sahabat yang dinikahkan dengan kedua putri sang Nabi.

Utsman adalah seorang saudagar yang kaya raya namun sangat dermawan. Dia selalu rela membelanjakan hartanya di jalan Allah dan memiliki jiwa sosial yang tinggi, diantaranya;  pembelian sumur dari orang yahudi yang diwakafkan kepada rakyatnya, memperluas bangunan masjid madinah dan menyumbangkan 1000 ekor unta, 70 kuda, 1000 dirham untuk perlengkapan perang tabuk.

Dari semua keteladanan tersebut, seyogyanya mampu membuat hati kita tergugah dan ikut meneladani sifat-sifat baik dari sahabat nabi. Semoga informasi tentang teladan dari sahabat nabi diatas dapat bermanfaat bagi anda semua.

Loading...
Selanjutnya : Membuat Karya Ilmiah Tentang Olahraga Bola Voli
Sebelumnya: Mengenal Paket IM3 Full Service Android
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar