Bahaya Telur Kutu Kucing ke Manusia

Memiliki hewan peliharaan adalah kesenangan bagi penggemar hewan. Misal penggemar kucing, tentu akan lebih menyenangkan bila bisa memelihara kucing di rumah.  Bukan sekadar untuk kesenangan hewan-hewan tersebut juga bisa menghilangkan kepenatan dari tumpukan pekerjaan atau kesibukan lainnya. Namun, menyebarnya telur kutu kucing ke manusia tentu sangat berbahaya.

Oleh karena itu perlu diwaspadai, jangan sampai kehadiran hewan peliharaan  tersebut merugikan Anda. Memiliki hewan peliharaan artinya Anda punya tanggung jawab atas hewan tersebut. Tidak hanya rutin memberi makan, tetapi juga harus memperhatikan kesehatan si hewan tersebut. Kucing, anjing, kelinci adalah hewan berbulu yang rentan dihinggapi kutu di sela-sela bulu mereka. Karena itu, jika Anda memelihara hewan-hewan tersebut berhati-hatilah, jangan-jangan Anda bisa terkena penyakit akibat kutu yang menyebar pada si hewan.

Loading...

Kutu sangat kecil ukurannya. Kebanyakan dari kutu memiliki panjang 2-3 milimeter. Biasanya berwarna hitam, coklat, atau merah. Kutu bisa berada di mana saja. Demikian pula dengan telur atau larva kutu. Namun jika pada tempat yang bersih, siklus hidupnya akan melambat.

Kutu Pada Hewan Peliharaan

Pada hewan peliharaaan seperti kucing, kutu akan menggigit manusia tetapi dia tidak hidup di tubuh manusia. Berhati-hatilah ketika Anda memegang hewan kesayangan Anda, karena saat itulah kutu berpotensi menggigit manusia. Selain itu kutu juga bisa berada di tempat tidur binatang. Seringkali kucing tertidur di karpet, kemudian kaki si pemilik melangkah melewati karpet. Uniknya kutu kucing tidak pula hidup di tubuh kucing, melainkan hidup di karpet atau tempat yang disinggahi hewan tersebut. Tak heran jika kaki bagian bawah sering jadi sasaran gigitan kutu kucing.

Nah, kemudian bagaimana mengetahui bekas gigitan kutu kucing ? Biasanya ada bagian tubuh yang kemerahan, terdapat pula titik hitam. Namun gigitan tersebut tidak mengakibatkan bengkak atau bentol. Kita hanya merasakan gatal dan tidak nyaman di bagian yang tergigit kutu.  Berhati-hatilah jika anak Anda bermain-main di lantai. Kulit balita tentu lebih sensitif jika dibandingkan dengan kulit dewasa.
Meski demikian, tidak semua orang dewasa aman dari gigitan tersebut. Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif gigitan akan menimbulkan alergi dan kulit kemerahan tidak wajar.

Tips Menghindari Kutu Pada Hewan

Perawatan hewan secara intensif sepertinya tidak cukup untuk menghindari kucing atau anjing Anda terkena kutu. Cirinya bila hewan Anda terkena kutu adalah dia lebih sering menggaruk tubuhnya.  Agar tak banyak kutu, ada baikknya Anda rutin membawa peliharaan Anda ke dokter atau tempat perawatan hewan lainnya.

Selain menjaga kebersihan hewan Anda juha perlu menjaha kebersihan lingkungan Anda. Gunakan pembersih atau vacuum cleaner untuk membersihkan karpet, kursi, atau sofa yang biasa dipakai sebagai tempat tidur hewan kesayangan Anda.  Jika perlu cuci sesering mungkin dan gunakan air panas dengan suhu tertentu untuk mematikan kutu yang menempel.

Demikian penjelasan mengenai telur kutu kucing ke manusia. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Nama-nama Penyanyi Malaysia yang Tersohor
Sebelumnya: Pedoman Acara Pernikahan Secara Rinci
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar