Ragam dan Tema Tarian Tradisional di Nusantara


Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan seni dan budaya. Salah satu kebudayaan yang paling khas adalah tari tradisional. Tarian tradisional di Indonesia sangat beragam dan setiap provinsi memiliki tema tarian tradisional sendiri. Misalnya Jawa Barat dengan tari Jaipong. Bali dengan tari Kecaknya dan juga Aceh yang punya ciri khas dengan tarian Saman.

Tari Tradisional

Tari tradisional sendiri merupakan salah satu bentuk seni yang menggunakan tubuh dan gerak  sebagai mediumnya dan menggunakan musik tradisional sebagai pengiringnya.  Namun tari tradisional tidak hanya sebatas menggerakan tubuh. Terdapat makna dan filosofi dari setiap gerakannya. Hal itulah yang menyebabkan setiap tari tradisonal memiliki temanya tersendiri.

Untuk tema yang sering diusung tradisional biasanya berhubungan dengan kisah-kisah yang merakyat. Ada tarian yang bermakna kesenangan yang digambarkan oleh tari Jaipongan. Ada juga tarian lain yang mengangkat tema tentang keperawanan, doa datangnya hujan atau tentang agama dan pendidikan yang sering diusung oleh tarian saman.

Namun ada juga tarian yang mengusung di luar tema yang dimaksudkan. Tarian ini biasanya digunakan untuk sarana pertunjukan semata. Contohnya tari Golek dari Yogyakarta. Tarian ini terinspirasi saat Sultan menyaksikan pementasan Wayang Golek Menak.

Ada juga tarian jenis hiburan lain dari Surakarta yaitu Tari Gambyong. Tari ini biasanya dipentaskan saat penyambutan tamu. Acara pernikahan pun biasanya menghadirkan tarian jenis ini.

Dari daerah Jawa Timur tarian sejenis ini juga ada, namanya Tari Ngremo. Tarian ini merupakan salah satu bentuk tarian pertunjukan yang populer di Jawa Timur. Apalagi tarian ini biasanya dilakukan oleh para perempuan yang cantik.

Selain itu tari Piring dari Sumatera Barat juga merupakan jenis tari yang ditujukan untuk pertunjukan dan hiburan. Awalnya tarian ini dilakukan sebagai tari persembahan terhadap dewa-dewi. Ketika Islam masuk, tarian ini berubah fungsi menjadi tari hiburan.

Itulah beberapa tema tarian tradisional di Indonesia. Masih banyak tema lain yang diusung oleh tarian tradisional dari Sabang sampai Merauke. Sayangnya beberapa diantaranya sudah hilang.

Saat ini tema tarian tradisional ada juga yang dalam keadaan hampir punah karena tidak ada generasi penerus dan perkembangan teknologi yang membuat seni tari tradisional mulai tergerus.

Selanjutnya : Aneka Jus Buah
Sebelumnya: Anatomi Fisiologi Tentang Sistem Pernapasan dan Kardiovaskuler
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar