Tema Tema Drama yang Kreatif dan Unik


Tema sangat penting pada sebuah drama, karena berperan menjadi benang penyatu antardialog para tokoh. Sebagai gagasan utama dari sebuah cerita, tema juga akan menentukan menarik atau tidaknya sebuah drama. Tema-tema drama yang kreatif sangat ditunggu oleh penonoton.

Tema yang kreatif tidak sekadar mengikuti kelaziman pada umumnya seperti aktual dan berunsur mendidik. Akan tetapi, ada hal-hal unik di dalamnya. Dengan demikian, alur dialog yang dibangun para tokohnya akan lebih berwarna.

Bila mengangkat tema terkait dengan polisi, misalnya. Cerita tidak sebatas menampilkan adegan bagaimana polisi membekuk penjahat kambuhan. Akan tetapi, juga mengangkat secara detail proses dan langkah-langkah polisi agar dapat meringkus penjahat. Keunikan di sini akan terlihat secara rinci hambatan-hambatan dan beban kerja, serta kreativitas polisi dalam menjalankan tugasnya.

Yang perlu diperhatikan dalam membuat tema drama secara kreatif adalah keluar dari cerita-cerita monoton pada umumnya. Penonton lama kelamaan akan jenuh terus menerus dijejali tema cerita yang sama. Seolah-olah tidak ada lagi yang pantas dipentaskan selain dari tema yang melulu mangangkat masalah percintaan picisan, horor, dan keglamoran.

Pesan moral juga tetap menjadi unsur dominan dalam sebuah drama. Karena itu, apa pun bentuknya, tema drama mesti diorientasikan untuk menopang budaya bangsa. Seperti film China berjudul Red Cliff. Film kolosal yang menceritakan roman sejarah China terkenal, Sam Kok ini membuat generasi muda selalu lekat dengan roman asli budayanya. Bahkan, dunia dibuat tahu sejarah bangsa China.

Demikian juga yang dilakukan industri film dari Amerika. Nyaris setiap tahun, Hollywood membesut film bertema nasionalisme. Salah satu contohnya film yang dibintangi Will Smith, Independence Day. Film legendaris ini sukses mengangkat nilai-nilai heroisme dari bangsa Amerika. Film-film yang bertema kepahlawanan itu, tentunya akan melecut semangat rasa nasionalisme.

Demikian ulasan singkat mengenai tema-tema drama yang kreatif. Diharapkan Indonesia yang kaya dengan beragam budaya dan menjalani panjangnya perjalanan sejarah perjuangan, dapat berkreasi lebih optimal. Banyak karya yang dapat dibuat untuk mempertahankan nilai-nilai budaya dan mengembangkan nasionalisme.

Selanjutnya : Artis Filipina Paling Cantik
Sebelumnya: Gabungan Nama Bayi Perempuan Kim Kardhasian yang Unik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar