Mencari Tema yang Baik untuk Membahas Artikel

Definisi artikel adalah tulisan mengenai uraian suatu masalah tertentu yang bersifat faktual dengan panjang yang ditentukan. Artikel banyak dijumpai di koran, majalah, blog, maupun jejaring sosial.

Tema untuk Artikel

Loading...

Artikel biasanya berisi mengenai uraian pendapat atau opini yang didasarkan pada analisis yang mendalam atau hanya sekadar deskripsi yang bersifat informatif. Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum membuat artikel adalah mencari tema yang baik untuk membahas artikel.

Ada beberapa cara untuk menentukan tema artikel. Cara pertama adalah mencari tema yang dikenal oleh banyak orang, sehingga artikel tersebut akan mudah dibaca orang. Kemudian, juga bisa menggunakan cara yang bertolak belakang, yakni mencari tema yang jarang diketahui ataupun dituliskan orang.

Hal ini memungkinkan orang-orang juga banyak yang akan membaca karena keterbatasan tulisan yang ada. Cara selanjutnya ialah mencari tema yang sedang menjadi ‘buah bibir’, misalnya saat ini orang-orang sedang ramai membicarakan mengenai kenaikna BBM.

Sebetulnya tema artikel yang baik adalah tema yang tepat. Artinya, seorang penulis harus mampu melihat kebutuhan masyarakat yang dalam hal informasi.

Informasi atau ulasan seperti apakah yang sedang dibutuhkan masyarakat, misalnya di daerah-daerah terpencil mungkin masih banyak masyarakat yang tidak menghiraukan pendidikan dan kesehatan. Nah, berarti tema mengenai pendidikan dan kesehatan itulah yang harus dijadikan artikel.

Pemilihan tema yang tepat juga memengaruhi kualitas artikel, terlepas membicarakan mengenai isi. Karena adanya relevansi antara hal yang ditulis dengan fenomena dalam dunia nyata, maka secara tidak langsung artikel tersebut juga merupakan bagian dari realitas tersebut.

Setelah tema sudah ditentukan, kini tinggal langkah-langkah membuat artikel. Prinsip dasar untuk menulis artikel adalah menentukan tema, kemudian baru mencari data-data penunjang, serta menuliskannya dalam sebuah bentuk artikel. Biasanya gaya penulisan masing-masing orang akan berbeda.

Bentuk artikel yang baik ialah yang di dalamnya mengandung pemecahan masalah. Secara garis besar, di dalam artikel tersebut harus membut mengenai fenomena yang di bahas, latar belakang masalah, teori, dan solusinya. Berbeda dengan makalah, untuk uraian dari masing-masing unsur tersebut tidak perlu detail, yang penting bisa mewakili.

Semoga informasi singkat mengenai artikel yang dapat menjadi referensi bagi yang ingin menulis artikel. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa tema merupakan prinsip dasar menulis, jadi tentukanlah tema yang baik untuk membahas artikel. Selamat mencoba.

Loading...
Selanjutnya : Mengenal Syarat-syarat Khotib
Sebelumnya: Berbagai Macam Resep Masakan Udang Nusantara
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar