Memilih Tema yang Cocok untuk Kultum


Kultum atau kuliah tujuh menit tentu bukan istilah yang asing bagi umat Islam. Lalu bagaimana jika kita terpilih untuk mengisi kultum? Tenang saja, berikut ini akan membahas cara memilih tema yang cocok untuk kultum. Kultum ini biasanya dilaksanakan setelah shalat subuh yang berisi ceramah atau dakwah singkat dari ustad atau imam kepada jamaah yang mengikuti sholat subuh di sebuah musala atau masjid.

Kultum

Sesuai namanya, kuliah tujuh menit, maka kultum ini berlangsung cukup singkat, sehingga kita harus pandai-pandai memilih tema yang cocok untuk mengisi kuliah tujuh menit tersebut. Saat mengisi kuliah tujuh menit ini, usahakan kita menggunakan bahasa yang ringan dan tidak bertele-tele mengingat waktu yang disediakan cukup singkat. Kita dapat mengisi kultum dengan langsung membahas ke tema yang akan diangkat.

Waktu yang singkat ini menuntut kita agar tepat dalam memilih tema yang cocok untuk kultum. Ada beberapa saran tema untuk mengisi kuliah tujuh menit tersebut, salah satunya mengangkat kisah suri teladan dari sahabat atau ulama terdahulu. Namun, kisah tersebut disampaikan pada bagian-bagian tertentu saja yang mengandung hikmah agar mengena di hati peserta kultum.

Kisah yang diceritakan berupa peristiwa singkat yang bermakna, bukan kisah hidup secara keseluruhan yang memakan waktu lama. Selain mengangkat tema penggalan kisah sahabat atau suri teladan, kita juga dapat mengambil tema yang ringan, misalnya mengenai manfaat sedekah.

Selain itu, juga bisa mengambil tema manfaat amalan sholat dhuha, dan beberapa topik mengenai amalan yang bermanfaat dan ringan diterima oleh peserta kuliah tujuh menit. Agar tidak bosan, kita dapat menyisipkan candaan atau gurauan agar peserta kultum tak jenuh.

Tema atau pembahasan yang agak berat sebaiknya dihindari, misalnya tema yang membahas hukum sebuah amalan dan sebagainya. Tema berat tersebut kurang cocok dibahas di kuliah tujuh menit karena memerlukan waktu yang cukup lama untuk menjelaskan dan agak sulit dimengerti oleh peserta kultum.

Biasanya jika kita memaksakan mengangkat tema yang berat, kadang malah justru membuat peserta kultum mengantuk dan tidak fokus menyimak apa yang kita sampaikan. Tema yang cocok untuk kultum memang tema-tema yang ringan, sehingga mudah diterima.

Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi pembaca semua dan tak bingung lagi memilih tema kultum yang cocok.

Selanjutnya : Tempat Kursus Bahasa Mandarin di Bandung yang Bagus
Sebelumnya: Energi dan Contoh Perubahan Energi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar