Apakah Tembolok pada Burung Merupakan Bagian dari Sistem Pencernaan?

Artikel ini membahas tentang bagian-bagian dari sistem pencernaan pada burung, khususnya tembolok pada burung. Alat-alat pencernaan pada burung memiliki fungsi yang berbeda-beda seperti halnya pada sistem pencernaan manusia, hanya saja burung memiliki organ pencernaan yang tidak sempurna.

A.  Pengertian Sistem Tembolok

Sistem tembolok yang ada pada organ pencernaan unggas atau aves biasanya mengalami proses pelebaran di bagian kerongkongan yang terletak diantara mulut dan proventrikulus (kelenjar yang ada pada lambung). Pada proses pencernaan yang terjadi pada tembolok, menghasilkan enzim yang menghasilkan HCL yang dapat merombak makanan menjadi halus sehingga mudah dicerna.

B.  Sistem Tembolok

Proses pencernaan pada tembolok burung mengikuti proses sebagai berikut :

1.  Makanan masuk ke dalam mulut;

2.  Sebab burung tak memiliki gigi makanan langsung masuk menuju ventrukulus dimana terjadi pencernaan mekanik dengan bantuan batuan kecil untuk menghancurkan makanan lebih halus (itulah sebabnya burung suka makan batuan-batuan kecil);

3.  Makanan masuk menuju usus halus (duodenum, ileum, jejenum) dan diserap oleh usus

4.  Makanan berjalan melewati bagian usus buntu (usus buntu disebut juga dengan ceca karena memilki dua saluran);

5.   Makanan masuk menuju ke bagian kolon (makanan menjadi lebih kering karena air diserap secara langsung);

6.   Sisa makanan dibuang melalui rektum ;

7.   Makanan berakhir pada bagian kloaka

C.  Proses Pencernaan yang Terjadi pada Sistem Tembolok

1.   Proses pencernaan yang terjadi pada rongga mulut burung terjadi dengan sistem enzimatis karena air ludah yang bercampur makanan diperlukan untuk melunakkan makanan.

2.   Proses yang terjadi pada bagian tembolok adalah proses penghubungan yang terjadi pada tenggorokan akhir. Pada sistem ini tidak terjadi proses pencernaan karena saluran ini terhubung antara lambung dan rongga mulut saja.

3.   Proses yang terjadi pada kelenjar lambung (proventikulus) adalah proses aktivitas asam lambung (HCL) yang dapat menghentikan sistem enzim amilase yang dihasilkan oleh saliva (air liur).

4.  Sistem pencernaan yang terjadi pada bagian ampela (gizzard) adalah proses penghancuran makanan yang dibantu oleh grit. Grit merupakan sesuatu yang dimasukkan untuk menghancurkan makanan seperti : kerikil kecil, pecahan kaca, pecahan kerang, dll.

5.  Proses dalam usus halus menghasilkan empat cairan yang digunakan untuk membantu sistem pencernaan seperti (cairan empedu, cairan duodenum, cairan usus dan cairan pankreas).

6.  Masih ada beberapa substansi yang belum tercerna sempurna di dalam usus besar seperti selulosa dan hemilulosa.

7.  Di dalam bagian kolon  ialah proses kegiatan jasad renik misalnya bakteri proteolitik yang berfungi untuk menguraikan beberapa protein dalam tubuh.

Demikian sedikit informasi tentang tembolok pada burung merupakan bagian dari pencernaan.

Loading...
Selanjutnya : Pendidikan yang Dilakukan dalam Masyarakat Disebut Pendidikan Informal
Sebelumnya: Tempat Belanja di Kalimantan yang Sayang Dilewatkan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar