Tempat Bersejarah di Indonesia


Dimanakah tempat bersejarah di Indonesia? Seorang turis jepang begitu asyik mengamati panel-panel relief yang terdapat pada dinding Candi Borobudur. Gambar relief yang menceritakan perjalanan Sang Buddha untuk mencapai pencerahan tertinggi mampu menghanyutkan turis Jepang itu.

Candi Borobudur itu sendiri merupakan salah satu tempat bersejarah di Indonesia yang menunjukkan masa gemilang suatu peradaban dimasa lampau. Tempat-tempat lainnya yang menarik untuk dikunjungi sangat banyak, misalnya Monas, Gedung Sate,Lawang Sewu, fort Rotterdam.

Candi Borobudur menunjukkan pada dunia akan kebesaran dan kemegahan peradaban masa kerajaan kuno di bumi Nusantara. Bangunan arsitektur tidak kalah dengan gereja-gereja katedral di Eropa. Candi tersebut membuktikan masa keemasan wangsa Syailendra di bawah pemerintahan Raja Samaratungga.

Tempat Bersejarah

Pada masa yang sama, peninggalan bangunan sejarah yang menunjukkan kemegahan yakni Candi Prambanan yang bercorak Hindu.Kedua candi tersebut memberi makna kebhinekaan dalam rasa persatuan. Ciri khas bangsa Indonesia ini menjadi semboyan negara ‘Bhineka Tunggal Ika’.

Tempat bersejarah yang ada di Indonesia yang membuktikan kedaulatan bangsa yakni Monumen Nasional (Monas). Monumen yang mengambil konsep lingga dan yoni ini memiliki perlambang perjuangan rakyat untuk mendapatkan kedaulatan penuh dari penjajahan.

Monas berlokasi di lapangan medan merdeka, Jakarta Pusat. Monumen ini dapat dikunjungi oleh wisatawan setiap hari (08.00-15.00 WIB). Akses menuju lokasi monument mudah dan harga tiketnya terjangkau oleh masyarakat.

Gedung sate berada di Kota Bandung. Gedung ini menjadi bagian dari sejarah perjuangan bangsa. Sekarang, bangunan ini menjadi gedung balai kota yang berfungsi sebagai kantor pemerintahan.

Gedung bersejarah lainnya yang merupakan warisan Belanda yakni lawang sewu di Semarang. Gedung lawang sewu memiliki banyak pintu. Arsitektur bangunan yang unik ini sebagai saksi masa-masa perjuangan rakyat Indonesia dalam memperebutkan kemerdekaan.

Benteng vredeburg dan Fort Rotterdam memiliki fungsi sebagai tempat pertahanan dari serangan musuh. Tempat bersejarah di Indonesia yang berupa bangunan benteng dan masih terawat dengan baik dapat dikunjungi di Kota Yogyakarta dan Makassar.

Bangunan pertahanan ini mengajarkan pada kita bahwa ‘strategi perang yang terbaik adalah sistem pertahanan itu sendiri’. Adanya pengenalan tempat-tempat bersejarah itu, kita dapat belajar bagaimana perkembangan suatu bangsa dari masa ke masa.

Selanjutnya : Macam-macam Tempat Belanja Murah di Jakarta
Sebelumnya: Apa Saja Persyaratan Pendirian Koperasi?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar