Manfaat dan Tempat Hidup Arcatina Fulica

Bekicot merupakan jenis binatang yang mudah dijumpai di sekitar kita dan tersebar di seluruh penjuru dunia. Nama ilmiah dari bekicot ini adalah arcatina fulica. Tempat hidup arcatina fulica sendiri terutama di kawasan yang masih banyak terdapat pepohonan. Di wilayah pedesaan, binatang ini masih sering dijumpai, merambat di batang pohon.

Bekicot

Binatang ini memiliki ciri khas dengan cangkang yang ada di punggungnya. Cangkang tersebut berfungsi sebagai rumah atau tempat perlindungan bekicot dalam kondisi yang dianggap berbahaya. Cara berlindungnya seperti kura-kura atau penyu, yaitu dengan menarik bagian kepalanya ke dalam cangkang tersebut.

Namun, berbeda dengan penyu atau kura-kura yang memiliki bentuk cangkang keras dan liat. Cangkang atau rumah bekicot ini sangat rapuh sehingga mudah pecah apabil terkena benturan dengan benda keras.

Sejarah

Binatang yang berjalan dengan cara merayap ini, diyakini berasal dari kawasan Afrika Timur. Penyebarannya ke seluruh dunia terjadi dalam proses perdagangan yang terjadi di masa lalu. Bekicot sendiri digolongkan ke dalam kelompok moluska dan dianggap sebagai salah satu jenis spesies invasif yang paling buruk. Itulah mengapa, banyak negara yang melakukan pelarangan dalam proses pemeliharaan hewan tersebut.

Di sisi lain, ada pula negara yang memberikan kemudahan dalam proses budidaya hewan ini. Mengingat, bekicot merupakan salah satu jenis hewan yang bisa dikonsumsi serta memiliki manfaat besar bagi kesehatan.

Manfaat Bekicot

Banyak orang yang merasa jijik melihat penampilan bekicot yang penuh dengan lendir. Apalagi tempat hidup arcatina fulica ini selalu di tempat kotor dan jorok. Namun demikian, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari binatang ini. Itulah mengapa, banyak yang tertarik untuk mengembangbiakkan hewan berlendir tersebut.

Beberapa manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Dijadikan sebagai sumber makanan ternak, khususnya ternak ikan lele. Ikan lele sangat menggemari jenis makanan yang terbuat dari bahan baku bekicot ini.
  2. Sumber makanan yang kaya akan protein hewani dan memiliki mutu tinggi. Hal ini karena dalam daging bekicot terkandung asam amino esensial yang lengkap.
  3. Daging bekicot diyakini mampu menjadi obat beberapa jenis penyakit. Misalnya abortus, sakit saat datang bulan, radang selaput mata, gatal atau penyakit jantung.
  4. Daging bekicot kaca kandungan hidrat arang, fosfor, serta vitamin B komplek. Selain itu, daging bekicot juga rendah kandungan lemaknya.
Selanjutnya : Tempat Lantai Keramik di Bandung dan Tips Memilih Lantai
Sebelumnya: Tehnik Bernyanyi dengan Nada Tinggi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini