Tempat Ibadah Sesuai Agama di Indonesia


Di Indonesia, kita mengenal lima agama yang tidak hanya dianut oleh masyarakat, namun juga diakui oleh negara. Di mana setiap penduduk untuk mendekatkan diri dengan Tuhan akan mendatangi tempat ibadah sesuai agama mereka masing-masing. Ini dia beberapa tempat ibadah yang ada di Indonesia.

Vihara

Penganut agama Budha di Indonesia akan mendatangi Vihara sebagai rumah ibadah mereka. Vihara ini memiliki arsitektur lokal dengan fungsi sebagai untuk melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan spiritual. Akan tetapi, ada juga vihara yang memiliki arsitektur tradisional Tionghoa, misalnya untuk vihara para penganut Buddhis aliran Mahayana yang berasal dari Tiongkok.

Masjid

Untuk umat muslim akan melakukan ibadah di Masjid. Sebernarnya, arti dari masjid sendiri adalah tempat sujud, di mana kegiatan spiritual atau yang dikenal dengan shalat, memang akan melakukan gerak sujud.

Umat muslim sering kali menjadikan masjid sebagai pusat kehidupan komunitas muslim. Di mana mereka akan melakukan berbagai kegiatan perayaan hari besar, kajian agama, diskusi, belajar Al-Qur’an, dan ceramah di masjid.

Gereja

Banyak orang merngira jika gereja merupakan nama tempat ibadah penganur agama Kristen dan Protestan. Di mana sebenarnya gereja ini adalah organisasi atau sekelompok umat kristiani. Di mana gereja ini dibangun berdasarkan kebutuhan para umat Kristiani di zaman dahulu untuk mengayomi kebutuhan mereka, tempat saling berbagi kepedulian di antara mereka. Akan tetapi, semakin lama rumah ibadah dari umat kristiani ini sering dikatakan pula sebagai gereja.

Pura

Agama Hindu di Indonesia akan melaksanan ibadah mereka di Pura. Namun, berbeda dengan rumah ibadah lain yang tersebar di seluruh Indonesia, Pura ini biasanya terdapat di Bali sebagai pulau dewata, dengan mayoritas penduduk umat Hindau. Sebeanrenya, dalam bahasa sanskerta, kata “Pura” sendiri dapat diartikan sebagai kota, kota berbenteng, ataupun kota dengan menara.

Berbeda dengan kuil Hindu yang berada di India, di mana bangunannya tertutup. DI Bali,  pura memiliki rancangan sedemikian rupa akan menjadi tempat ibadah dengan udara yang terbuka dan dikelilingi oleh tembok. Di mana di dalamnya terdapat beberapa lingkungan lingkungan yang terhubunf dengan gapura atau gerbang dengan ukiran indah.

Adanya tempat ibadah sesuai agama yang ada di Indonesia ini juga turut memperkaya keragaman budaya dari masyarakat yang terpengaruh dengan agama yang dianut oleh masyarakatnya.

Selanjutnya : Tempat Wisata Taman Matahari
Sebelumnya: Contoh Karangan Eksposisi Dalam Karangan Argumentasi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar