Kontroversi Tempat Kelahiran Barrack Obama

Tempat kelahiran Barrack Obama belakangan ini seringkali menjadi hal yang diperdebatkan oleh sebagian kecil masyarakat Amerika. Tak ayal ini membuat Gedung Putih mengeluarkan surat kelahiran resmi Presiden Barack Obama bahwa yang bersangkutan lahir di Amerika, bukan lahir di Afrikan yang selama ini berkembang di Amerika.

Kelahiran Presiden Amerika

Mempermasalahkan tempat lahir seseorang untuk negara yang menjadi kiblat demokrasi seperti Amerika terlihat aneh, ternyata di negara ini rasisme masih ada juga. Memang salah satu persyaratan menjadi Presiden Amerika Serikat adalah harus lahir di negeri Paman Sam tersebut.

Sebenarnya Presiden Obama sebelumnya pernah menerbitkan akte kelahiran dalam versi singkat yang menerangkan bahwa tempat lahirnya adalah di Hawaii. Akan tetapi ada sebuah kelompok minoritas yang beranggapan bahwa Obama lahir di Kenya Afrika, negara tempat asal ayahnya, sehingga ini melanggar konstitusi persyaratan seorang presiden Amerika Serikat.

Menurut beberapa teori, Obama kemungkinan dilahirkan di Kenya atau Indonesia, negara yang pernah ditinggalinya waktu kecil. Tetapi sebuah surat resmi kelahiran yang selama ini disimpan di dalam lemari besi akhirnya dibuka, menerangkan bahwa Obama lahir di Hawaii, Agustus 1961.

Pada kampanye pencalonan presiden tahun 2008, Obama memperlihatkan cetakan komputer informasi tentang surat kelahiran dan keasliannya. Hal ini dibenarkan oleh para pegawai kesehatan di Hawaii.

Tepatnya pada hari Rabu, pejabat Gedung Putih menerbitkan salinan surat kelahiran yang asli, yang dilengkapi dengan cap yang menandakan bahwa surat tersebut dikeluarkan oleh para pejabat Hawaii pada hari Senin. Dalam surat tersebut menerangkan bahwa Barack Hussein Obama II lahir pada tanggal 4 Agustus tahun 1961 di Rumah Sakit Kapiolani di Honolulu.

Di dalam akte tersebut juga menegaskan perihal ayahnya yang bernama Barack Hussein Obama, yang masih berusia 25 tahun yang berstatus mahasiswa, menerangkan pula ibunya, Stanley Ann Dunham, yang waktu itu berusia 18 tahun. Di akte tersebut juga menerangkan dokter yang membantu proses kelahirannya.

Demikianlah ulasan singkat tentang tempat kelahiran Barrack Obama. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat bagi para pembaca.

Selanjutnya : Materi Sains Tentang Suhu
Sebelumnya: Fitur HP Nokia N70
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

loading