Tempat Kids Zania, Konsep Edutainment yang Unik

Tempat Kids Zania merupakan pusat rekreasi bagi anak-anak yang berusia dari dua hingga enam belas tahun. Orang tuanya pun bisa ikut bermain, tidak sekedar sebagai penonton atau pengantar. Konsep edutainment unik ini merupakan waralaba yang berasal dari Amerika yang telah tersebar ke berbagai penjuru dunia.

Kids Zania merupakan replika sebuah kota lengkap dengan fasilitas dan berbagai profesi masyarakat yang ada di kota tersebut. Tentu sebagai sebuah replika kota, pewaralaba bisa menyesuaikan dengan kondisi kota yang sesungguhnya. Sehingga, misalnya sebuah konsep kota di pegunungan, tentu akan tampil beda bila dibandingkan dengan konsep kota pelabuhan.

Mendidik Sambil Bermain di Tempat Kids Zania

Kids Zania merupakan konsep mendidik sambil bermain, yang mengambil kota sebagai pusat kegiatan untuk kemudian dibuatkan sebuah replika. Konsep mendidik sambil bermain ala Kids Zania ini sangat mengedepankan masalah keamanan, interaktif dan tentu saja mengandung nilai-nilai pendidikan yang bagus.

Sebagai sebuah replika kota, di dalamnya seorang anak akan menemukan berbagai profesi, pusat kegiatan lengkap dengan bangunan dan jalan raya sebagaimana kota sesungguhnya.

Di dalam arena bermain ini, seorang anak akan berhadapan dengan tidak kurang dari seratus jenis profesi atau pekerjaan, yang memang ada dalam kehidupan sesungguhnya.

Tentu saja hal ini akan menjadi arena pengenalan profesi kepada anak-anak sejak usia dini, sehingga bisa melejitkan kecerdasan tertentu sesuai dengan profesi yang diinginkannya.

Sehingga, setelah bermain di tempat ini, ketika seorang anak ditanya apa cita-citanya, mereka akanmenjawab tidak semata akan menjadi dokter, insinyur, guru dan perawat, melainkan akan lebih variatif seperti misalnya ingin jadi seorang detektif swasta. Hal ini mungkin terjadi bila memang telah diperkenalkan sebelumnya.

Replika Kota

Sebagaimana di dalam sebuah kota yang sesungguhnya, di Kidz zania pengunjung akan menemukan replika supermarket, salon, kawasan industri, stasiun TV, stasiun radio, rumah sakit, kantor walikota dan tempat-tempat lainnya. Dengan demikian, seorang anak akan memiliki inisiatif sendiri untuk melakukan apapun yang dikehendaki, sesuai dengan keinginannya.

Sementara itu, di tempat Kids Zania ini terdapat satu arena untuk orang dewasa baik orang tua maupun pengantar, untuk bersama-sama bercengkrama dan bersantai di sebuah arena yang bernama parents lounge.

Untuk memastikan anak-anak dan pengunjung bermain sesuai dengan konsep yang dikehendaki, semua kegiatan dipandu oleh seorang supervisor.

Loading...
Selanjutnya : Sekelumit Peranan Pemerintah BJ Habibie Studi Perekonomian Indonesia
Sebelumnya: Blackberry Storm 9500 - Tipe BB Layar Sentuh
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar