Tempat Kuliah Kedokteran di Bandung yang Paling Top


Fakultas kedokteran termasuk salah satu fakultas bergengsi yang banyak diliri calon-calon mahasiswa baru. Berbagai Universitas di Inodonesia memiliki fakultas kedokteran dengan status akreditasi yang berbeda-beda.

Salah satunya adalah tempat kuliah kedokteran di Bandung. Kota kembang ini termasuk kota yang paling banyak diburu oleh calon mahasiswa dari berbagai daerah. Itu sebabnya, kota Bandung  semakin bergiat memperbaiki kualitas sarana pendidikan, terutama dijenjang perguruan tinggi.

Tempat Kuliah Kedokteran di Bandung yang Paling Top

Hasil survei yang dilakukan Pusat Data Analisa Tempo mengungkapkan bahwa dua dari lima belas tempat kuliah kedokteran terbaik di Indonesia berada di kota Bandung.

Tidak tanggung-tanggung, fakultas kedokteran Universitas Padjajaran berhasil menduduki peringkat ke-4 setelah Univeristas Indonesia di Jakarta, Universitas Gajah Mada di Yogyakarta dan Universitas Airlangga di Surabaya.

SelainUniversitas Padjajaran, masih ada satu fakultas kedokteran di kota Bandung yang berhasil menduduki tangga lima belas besar tersebut, yaitu Universitas Maranatha. Universitas Maranatha berada di posisi ke-8, mengungguli Universitas Negeri Surakarta yang berada di bawahnya.

Tidak heran bila fakultas kedokteran Universitas Padjajaran termasuk  yang terbaik berdasarkan hasil pooling yang dilakukan Pusat Data Analisa Tempo tersebut. Sebab, Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran memiliki fasilitas penunjang kelancaran proses perkuliahan.

Salah satu fasilitasnya adalah gedung Pusat Pendidikandan Pelayanan Kesehatan Terpadu, atau disingka tdengan  P3KT.  P3KT terdiri atas ruang auditorium, 18 unit High Care Unit (HCU), ruang CT scan, ruang endoscopy, 5 lift berkapasitas besar, 72 ranjang untuk rawat inap khusus untuk penanganan infeksi dan onkologi, serta kelengkapan alat penelitian-penelitan canggih lainnya.

Begitu pula dengan fakultas kedokteran di Universitas swasta Kristen Maranatha. Berdirinya universitas ini awalnya memang diprakarsai dari mahasiswa-mahasiswa kedokteran Universitas Kristen Indonesia.

Oleh karena itu tidak heran bahwa fakultas yang paling diunggulkan di Universitas ini adalah fakultas kedokterannya.

Berbagai fasilitas penunjang tersedia di Universitas Maranatha. Hanya saja dari segi biaya, Universitas ini terbilang mahal. Sehingga, bukan menjadi pilihan utama dari calon-calon mahasiswa  yang ingin berkuliah.

Demikian informasi mengenai tempat kuliah kedokteran di Bandung. Semoga bermanfat.

Selanjutnya : Pengolahan Susu Sapi
Sebelumnya: Ragam Hias Ukir Tradisional di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar